BPKP Kalteng Kawal Peningkatan Kinerja PDAM Kota Palangka Raya

Palangka Raya (01/12) - Tim dari Bidang Akuntan Negara BPKP Kalteng melaksanakan kegiatan reviu terhadap laporan konsultan verifikasi pelaksanaan program hibah air minum berbasis kinerja bantuan Pemerintah Australia pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palangka Raya.

Reviu tersebut bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai bahwa indikator kinerja yang ditingkatkan telah sesuai kriteria administratif dan teknis serta memberi manfaat untuk peningkatan kinerja PDAM Kota Palangka Raya, selain itu hasil Reviu BPKP Kalteng menjadi bahan pertimbangan dalam rangka pemberian rekomendasi teknis pencairan dana hibah program tersebut.

Pada reviu tersebut, tim melakukan pengecekan terhadap data baseline peningkatan kinerja masing-masing indikator kinerja, kelengkapan dokumen administratif/data pendukung, pemenuhan standar teknis, serta reviu terhadap manfaat untuk peningkatan kinerja PDAM Kota Palangka Raya.

Untuk diketahui, dalam rangka meningkatkan cakupan pelayanan air minum melalui jaringan perpipaan sekaligus meningkatkan kinerja BUMD Air Minum, Pemerintah melaksanakan Program Hibah Air Minum Berbasis Kinerja (AMBK). Program tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan kinerja BUMD Air Minum melalui penerapan “performance based” atau berdasarkan kinerja yang terukur.

Program ini juga sebagai insentif kepada Pemerintah Daerah untuk dapat melaksanakan peran dan tanggung jawabnya dalam menyelenggaraan penyediaan pelayanan air minum di daerahnya dengan memberikan dukungan penuh kepada BUMD Air Minum di daerahnya untuk dapat meningkatkan kinerjanya.

Dalam rangka menjaga akuntabilitas pelaksanaan program tersebut, BPKP bertugas untuk melakukan reviu terhadap laporan konsultan verifikasi. Laporan hasil Reviu BPKP nantinya menjadi bahan pertimbangan dalam rangka pemberian rekomendasi teknis pencairan dana hibah.***(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)