BPKP Evaluasi Kesiapsiagaan dan Akuntabilitas Penanggulangan Bencana di Wilayah Kalteng

Palangka Raya (15/11) - Tim dari Bidang Instansi Pemerintah Pusat BPKP Kalteng yang dipimpin oleh Koordinator Pengawasan M. Syaifullah pada senin pagi melaksanakan kegiatan evaluasi penyelenggaraan dan pendanaan penanggulangan bencana bersama Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran Provinsi Kalimantan Tengah.

Dalam evaluasi tersebut, beliau menyampaikan 5 (lima) sasaran penilaian dalam evaluasi, yakni: kesesuaian implementasi kebijakan penguatan dan harmonisasi sistem, regulasi, dan tata kelola penanggulangan bencana, kesesuaian implementasi kebijakan penguatan investasi pengelolaan risiko bencana, kesesuaian implementasi kebijakan peningkatan kapasitas dan kapabilitas penanganan darurat bencana, identifikasi kelemahan tata kelola pendanaan penanggulangan bencana oleh pemerintah daerah, serta identifikasi kelemahan tata kelola dana siap pakai (DSP).

Oleh karena itu dengan adanya evaluasi ini diharapkan pimpinan daerah dapat meningkatkan kesadaran dalam penanggulangan bencana, baik dari segi perencanaan maupun pendanaannya, mengingat bencana alam tidak dapat diprediksi dari jauh-jauh hari.

Terlebih lagi curah hujan ekstrim yang terjadi beberapa hari belakangan menimbulkan dampak bencana seperti banjir yang terjadi hampir di seluruh wilayah Indonesia, tak terkecuali Provinsi Kalimantan Tengah. Untuk itulah diperlukan komitmen yang kuat dari pimpinan daerah dan manajemen penanggulangan bencana yang baik untuk menghadapi dampak dari bencana yang terjadi tersebut melalui penyelenggaraan dan pendanaan penanggulangan bencana.

Selain itu, evaluasi juga diperlukan untuk menilai kesiapsiagaan dan akuntabilitas program tersebut untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan atau kegagalan penyelenggaraan dan pendanaan penanggulangan bencana.(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)