Dorong Keberhasilan Percepatan Penurunan Stunting, BPKP Kalteng Laksanakan Evaluasi

Palangka Raya (15/11) - Bertempat di Kantor Inspektorat Provinsi Kalimantan Tengah, Tim Bidang Instansi Pemerintah Pusat BPKP Kalteng melaksanakan evaluasi atas pelaksanaan program percepatan penurunan stunting tahun 2021. Hal tersebut bertujuan untuk mengawal dan mendorong keberhasilan pencapaian tujuan program percepatan penurunan stunting yang dilaksanakan di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

Kegiatan evaluasi dilakukan untuk membandingkan realisasi capaian kinerja percepatan penurunan stunting dibandingkan dengan target kinerja yang telah ditetapkan, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang menjadi penyebab tidak tercapainya suatu target kinerja.

Pada proses evaluasi, tim menyampaikan bahwa penilaian kinerja daerah dalam percepatan penurunan stunting untuk memacu kinerja daerah sekaligus menjadi acuan bagi Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kalteng dalam merancang/menyesuaikan strategi yang diperlukan. Selain itu, BPKP Kalteng juga mengidentifikasi permasalahan beserta penyebabnya, baik dalam tataran strategis maupun operasional, dan juga memberikan rekomendasi/atensi atas permasalahan yang ada.

Turut hadir dalam kegiatan evaluasi tersebut Kanwil Kementerian Agama Prov. Kalteng serta jajaran Pemprov Kalteng yang terdiri dari Dinas Kesehatan, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Dinas Sosial, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan, serta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)