BPKP Kalteng Dampingi BUMDesa Wujudkan Pelaporan Keuangan Berkualitas dan Akuntabel

Gunung Mas (07/10) - Tim dari Bidang Akuntan Negara berkunjung ke Kabupaten Gunung Mas guna melaksanakan pendampingan pelaporan keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa). Hal tersebut dilakukan untuk memperoleh informasi terkait pencatatan dan pelaporan keuangan BUMDesa di kabupaten Gunung Mas.

Selain itu, tim juga memberikan bimbingan dan pendampingan kepada BUMDesa agar dapat melakukan pencatatan, pelaporan, hingga pertanggungjawaban keuangan dengan lebih rapi dan sesuai standar. Salah satu BUMDesa yang berkesempatan untuk didatangi adalah BUMDesa bersama "Parawei Itah 10" yang memiliki jenis usaha Pertashop (BBM), penjualan ATK, dan fotokopi. BUMDesa tersebut berlokasi di Desa Tewah, Kec. Tewah - Kabupaten Gunung Mas.

Untuk diketahui, BUMDesa merupakan suatu lembaga/badan perekonomian desa berbadan hukum yang dibentuk dan dimiliki oleh Pemerintah Desa, serta dikelola secara ekonomis, mandiri, dan profesional dengan modal seluruhnya atau sebagian besar merupakan kekayaan desa yang dipisahkan. BUMDesa bertujuan untuk memperoleh keuntungan/laba bersih bagi peningkatan pendapatan asli desa serta mengembangkan sebesar-besarnya manfaat atas sumber daya ekonomi masyarakat desa sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan, dan pemerataan ekonomi desa.

Karena manfaatnya yang begitu besar untuk menunjang perekonomian di desa, maka perlu disusun laporan keuangan sebagai bentuk akuntabilitas pengelolaan keuangan BUMDesa agar terwujudnya transparansi/keterbukaan informasi dalam pelaksanaan pengelolaan BUMDesa. Selain itu, laporan keuangan dapat menjadi alat dalam pengambilan keputusan bagi pengurus BUMDesa maupun pemangku kepentingan lainnya.***(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)