Inspektorat Barito Utara Raih Kapabilitas APIP Level 3 dari BPKP

Barito Utara (15/03) - Berdasarkan hasil Quality Assurance dari Deputi Bidang Pengawasan Penyelenggaraan Keuangan Daerah BPKP, Inspektorat Kabupaten Barito Utara berhasil meraih prestasi Kapabilitas APIP Level 3. Penghargaan tersebut langsung diserahkan oleh Kepala Perwakilan BPKP Kalteng Setia Pria Husada kepada Bupati Barito Utara H. Nadalsyah pada kunjungan kerja beliau ke Kabupaten Barito Utara yang didampingi Korwas Bidang Program dan Pelaporan serta Pembinaan APIP (P3A) BPKP Kalteng R. Bambang Tjahyo serta Korwas Bidang Akuntan Negara Abdul Karim.

Dalam kesempatan itu, Kepala Perwakilan BPKP Kalteng menjelaskan bahwa Inspektorat Kabupaten Barito Utara sudah berada pada Level 3 (integrated) karena telah mampu menilai efisiensi, efektifitas, dan ekonomis suatu kegiatan dan mampu memberikan konsultasi pada tata kelola manajemen risiko dan pengendalian intern.

Untuk itu, Inspektorat Kabupaten Barito Utara dapat mengawal dan memastikan program prioritas berjalan dengan efisien dan efektif, serta dapat memberikan pembinaan dan bimbingan kepada seluruh perangkat daerah di lingkungan Kab. Barito Utara dalam pembuatan laporan keuangan yang baik agar tercapai akuntabilitas dan transparansi.

Kepala Perwakilan BPKP Kalteng mengucapkan selamat kepada Pemerintah Kabupaten Barito Utara karena berhasil meraih pencapaian tersebut. Sementara itu, mewakili Pemerintah Kabupaten Barito Utara, H. Nadalsyah mengucapkan terima kasih atas bimbingan dan konsultansi dari BPKP Kalteng selama ini sehingga Inspektorat Barito Utara dapat meraih predikat Kapabilitas APIP Level 3. Beliau berharap agar ke depan BPKP Kalteng selalu terus memberikan bimbingan dan konsultasi kepada Pemkab Barito Utara agar dapat mempertahankan prestasi ini.***(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)