Bimtek Evaluasi APBDes di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Katingan

Katingan (15/09) - Setelah minggu lalu berbagi ilmu dengan rekan-rekan operator Siskeudes di Kabupaten Pulang Pisau, kini BPKP Kalteng berkesempatan untuk mengadakan bimbingan teknis bagi rekan-rekan Satgas Siskeudes tingkat kecamatan di Kabupaten Katingan.

Acara tersebut diawali oleh Entry Meeting dengan Bupati Katingan Sakariyas yang didampingi oleh Inspektur Kab. Megar dan Kepala Dinas PMD Kabul Mustiman. Setelah itu dilanjutkan dengan pemberian materi Bimtek seputar Evaluasi APBDes.

Turut hadir sebagai pembicara dari Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah BPKP Kalteng yakni Karlie selalu Pengendali Teknis serta Fembrianto Sasongko yang merupakan Auditor Pertama.

Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) itu wajib melalui evaluasi terlebih dahulu oleh Bupati sebelum ditetapkan menjadi APBDes. Hal tersebut diatur dalam pasal 30 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 20 Tahun 2018, yakni Bupati/Walikota dapat mendelegasikan evaluasi Rancangan Peraturan Desa tentang APBDes kepada camat atau satuan tugas (Satgas) di tingkat kecamatan.***(Kominfo BPKP Kalteng/Reza)