BPKP Gelar Pelatihan Audit Kinerja Berbasis Risiko

Acara dimulai dengan laporan dari Ketua Panitia, Sigit Satrio Wibowo yang menyampaikan bahwa pelatihan Audit Kinerja Berbaiss Risiko ini diikuti oleh 30 peserta yang berasal dari APIP seluruh Sulawesi Barat. Pelatihan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan peserta agar dapat melaksanakan audit kinerja berbasis risiko di APIP masing-masing. Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan oleh Inspektur Mamuju, Muhammad Yani yang menyampaikan apresiasinya kepada BPKP yang telah memfasilitasi para auditor untuk mengikuti pelatihan ini. Ia mengatakan bahwa Inspektorat sebagai pengawas internal pemerintah yang telah meraih Kapabilitas Level 3, tentu akan sangat sering melaksanakan penugasan audit kinerja berbasis risiko. Muhammad Yani menambahkan bahwa pelatihan ini akan sangat berguna dalam perencanaan, pelaksanaan dan pelaporan hasil audit bagi para auditor dalam menilai kinerja suatu program pemerintah.

Senada dengan yang disampaikan oleh Muhammad Yani, Inspektur Provinsi Sulawesi Barat, HM Natsir juga memberikan apresiasinya atas langkah yang dilakukan oleh BPKP karena telah memberikan pengetahuan dan wawasan terkait pelaksanaan pengawasan, dalam hal ini audit kinerja. Ia berharap setelah diberikan pembekalan melalui diklat ini, para auditor APIP dapat menjalankan penugasan dengan lebih baik lagi.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembukaan Pelatihan oleh Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu yang mengatakan bahwa penyelenggaraan diklat ini merupakan salah satu upaya BPKP dalam melakukan pembinaan kepada APIP khususnya Inspektorat Pemda, agar hasil pengawasan APIP tidak hanya fokus terhadap output dari sebuah program yang audit, tetapi lebih fokus kepada outcome atau manfaat yang diperoleh masyarakat atas terselenggaranya sebuah program pembangunan. Ia berharap, setelah mengikuti pelatihan ini para peserta dapat membagi pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh dalam pelatihan setelah bertugas kembali di unit kerja masing-masing.

Melanjutkan rangkaian acara pembukaan pelatihan, dilakukan penyematan nametag secara simbolis kepada perwakilan peserta, dan sesi foto bersama sebelum diteruskan dengan pemberian materi pelatihan oleh Kepala Perwakilan BPKP Sulawesi Barat tentang Konsepsi Audit Kinerja Berbasis Risiko. Penyelenggaraan pelatihan bertempat di Hotel Grand Mutiara, Mamuju dengan mematuhi protokol kesehatan.