BPKP Sulbar Ikuti Puncak Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93

Puncak Acara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93, dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat Hasoloan Manalu, Koordinator Pengawasan (Korwas) Bidang IPP, Korwas Bidang AN, Korwas APD, Korwas Investigasi, Korwas P3A, Kepala Bagian Tata Usaha, Kasubbag Keuangan, Kasubbag Kepegawaian dan Umum BPKP Sulbar dan para pegawai BPKP Sulbar secara virtual di Kantor BPKP Sulbar. Acara dibuka oleh Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Republik Indonesia, Zainudin Amali yang menyampaikan “Tanah Air Satu, Bahasa Satu, Bangsa Satu, Indonesia. Persatuan Pemuda di masa sekarang juga menjadi penentu kemajuan bangsa Indonesia hari ini dan tetap eksisnya bangsa Indonesia di masa yang akan datang. Berbagai sarana untuk mempersatukan Pemuda ada di sekeliling kita. Ada media komunikasi tanpa batas, koneksi transportasi dari Sabang sampai Merauke, dan fasilitas lain yang mengindikasikan hilangnya sekat-sekat jarak antar anak bangsa”. Zainudin Amal juga menyampaikan bahwa Hari Sumpah Pemuda ke-93 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Upacara dilanjutkan dengan sambutan dan arahan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo yang menyampaikan “Di era digital pemuda kembali mempunyai peran sentral, pemuda adalah kekuatan terbesar bonus demografi bagi bangsa Indonesia, pemuda adalah para pemberani untuk mengambil risiko dan merebut peluang-peluang. Pemuda menjadi yang terdepan dalam menemukan cara-cara baru yang inovatif, pemuda adalah pemimpin perubahan” ungkapnya.

Acara dilanjutkan dengan peringatan secara internal di lingkungan BPKP yang diawali dengan Pengumuman Juara Kompetisi Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-93 yang diselenggarakan oleh BPKP Pusat dan diikuti oleh seluruh unit kerja BPKP se-Indonesia. Rangkaian lomba terdiri dari lomba Video Pemuda BPKP, Karikatur dan Video Profil Unit Kerja. Pada Lomba Karikatur dan Video Profil Unit Kerja, Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat menjadi Nominasi 5 Besar.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Kepala BPKP, Muhammad Yusuf Ateh menyampaikan “selamat kepada para juara”. Sebagai penutup Muhammad Yusuf Ateh mendorong agar seluruh unit kerja BPKP aktif mengirimkan wakilnya untuk mengikuti berbagai kompetisi yang dilakukan di lingkungan BPKP. Melalui Peringatan Hari Sumpah Pemuda yang ke-93 yang jatuh pada hari ini Kamis 28 Oktober 2021 diharapkan menjadi momentum para pemuda untuk bersatu dan bangkit bersama membangun Indonesia tumbuh dan maju.