Pastikan Stok Vaksin Termonitor, BPKP Sulbar Adakan Workshop kepada APIP

Workshopdilakukan agar auditor yang ditugaskan untuk melakukan audit tujuan tertentu atas distribusi dan pengelolaan persediaan vaksin Covid-19 dapat melakukan pengisian aplikasi hasil audit, sehingga informasi hasil audit dapat dikompilasi dengan lebih mudah. Acara dibuka oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu yang dalam sambutannya menyampaikan latar belakang pelaksanaan audit atas distribusi dan pengelolaan persediaan vaksin Covid-19 dan manfaat aplikasi sederhana untuk melaporkan hasil audit. Audit perlu dilakukan karena adanya perbedaan saldo vaksin yang signifikan antara aplikasi SMILE dengan kondisi di lapangan serta adanya indikasi fraud. Aplikasi diterapkan agar informasi hasil audit dapat diketahui secara real time dan kompilasi secara nasional dapat dilakukan dengan cepat.

Workshop dilaksanakan secara daring menggunakan zoom meeting mulai pukul 14.00 WITA, dipandu oleh Korwas Bidang P3A Sigit Satrio Wibowo dengan narasumber dua orang auditor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Untung Subagyo dan Willy Andersen dengan peserta dari BPKP dan APIP daerah di seluruh Sulawesi Barat yang terlibat dalam penugasan audit distribusi dan pengelolaan persediaan vaksin Covid-19. Untung Subagyo memaparkan isu atau permasalahan yang dijumpai pada saat audit dan menjelaskan kemungkinan adanya selisih stok vaksin dengan pencatatannya beserta penjelasan penyebab selisih disertai dengan kertas kerja yang dibuat oleh Tim Audit, baik di tingkat kabupaten maupun Fasyankes.

Pemaparan materi dilanjutkan oleh Willy tentang teknis pengisian aplikasi sederhana yang dikembangkan oleh Tim BPKP Pusat. Ada dua aplikasi yang harus diisi oleh Tim, yaitu aplikasi monitoring hasil audit atas stok vaksin yang diisi per minggu dan aplikasi hasil audit yang diisi setelah penugasan selesai dilakukan oleh Tim. Paparan kedua pemateri diselingi diskusi interaktif dengan peserta yang disampaikan melalui chat room maupun diskusi secara langsung. Dengan workshop ini diharapkan seluruh Tim yang ditugaskan dapat melaporkan hasil auditnya secara real time, tepat waktu dan tujuan audit dapat tercapai sesuai dengan Standar.