Pastikan SKD Sesuai Prosedur, BPKP Sulbar Lakukan Monitoring

Berdasarkan surat Keputusan Menteri PANRB Nomor 126 Tahun 2021 Tentang Panitia Seleksi Nasional Pengadaan ASN Tahun 2021, BPKP mendapat mandat sebagai Tim Pengawas yang bertugas memastikan seluruh proses pengadaan ASN berjalan sesuai prosedur, obyektif, transparan, kompetitif, akuntabel, bebas KKN, tidak diskriminatif dan tidak dipungut biaya. Menindaklanjuti Keputusan tersebut, Tim BPKP Sulbar yang dipimpin Toni Pebriansya melakukan pemantauan atas proses pelaksanaan SKD sejak proses registrasi, pemenuhan tata tertib pelaksanaan seleksi, serta kecukupan sarana prasara pendukung, dan penerapan protokal kesehatan. Tim memantau pelaksanaan seleksi oleh Panitia Seleksi mulai dari proses verifikasi persyaratan seleksi, pengisian daftar hadir oleh peserta, verifikasi kesesuaian data peserta, dan pemeriksan fisik kesesuaian peserta yang mengiktui seleksi dengan data identitas.

Penerapan protokol kesehatan dalam pelaksanaan SKD juga tidak luput dari pantauan Tim meliputi ketersediaan tim kesehatan, pengecekan suhu tubuh peserta dan peninjau saat registrasi, penyediaan ruangan khusus bagi peserta dengan hasil pengukuran suhu >37,30, kewajiban memakai masker, penyediaan tempat cuci tangan dan disinfektan ruangan, serta penerapan jarak minimal antar peserta. Dari pengamatan Tim, proses seleksi dan pengendalian yang diterapkan oleh Panitia sudah cukup memadai.

Jadwal seleksi kali ini dikhususkan bagi CPNS untuk mengisi formasi pada instansi vertikal (Kementerian/Lembaga). Diharapkan dengan dilaksanakan pengawasan, tujuan dari proses pengadaan CPNS dapat tercapai, yaitu menghasilkan putra/putri terbaik bangsa sebagai Aparatur Sipil Negara, berintegritas, profesional, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme serta bebas dari intervensi politik.