Polda Sulbar Gandeng BPKP Tingkatkan Kinerja Pengawasan

Hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Sulawesi Barat Irjen Pol. Dr. Eko Budi Sampurno, Irwasda Polda Sulawesi Barat Kombes Pol Benny Ganda Sudjana, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat Hasoloan Manalu didampingi oleh Tim Wasrik BPKP Sulbar yang diwakili Korwas Bidang IPP Heru Siswanto dan PFA Bidang IPP Yudi Fajri Arsyal dan Akhmad Pandu Kurnia, pejabat utama Polda Sulbar dan Tim Wasrik Polda Sulbar.

Acara Taklimat Awal Audit Kinerja Tahap II Tahun Anggaran 2021 dibuka dengan sambutan dari Irwasda Polda Sulbar Kombes Pol. Benny Ganda Sudjana yang menyampaikan pelaksanaan Wasrik Tahap II Tahun 2021 pada satker/subsatker dan Polres jajaran Polda Sulbar akan dilaksanakan selama 18 hari mulai dari hari ini tanggal 31 Agustus 2021, dan terbagi menjadi 2 Tim.

Pada kesempatan ini Kapolda Sulawesi Barat Irjen Pol. Dr. Eko Budi Sampurno memberikan sambutan terkait persepsi atas pengawasan yang dilakukan oleh Polda Sulbar yang dibuka dengan dua cuplikan video. Eko Budi Sampurno menuturkan apabila masih ada persepsi bahwa kegiatan wasrik adalah untuk mencari kesalahan sehingga cenderung ditakuti. Itu perlu dirubah, karena kegiatan wasrik disini untuk memperbaiki bukan mencari-cari kesalahan, ujar Eko Budi Sampurno. Saya berharap obyek pemeriksaan yang persepsinya masih negatif maka rubah dan untuk auditor yang dibawah Kombes Pol. Benny Ganda Sudjana dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat Hasoloan Manalu agar bisa menjadi macan yang besar di hutan seperti pada cuplikan video tadi. Diharapkan, Tim Wasrik berani melaksanakan pengawasan dan pemeriksaan keppada para pejabat utama Polda Sulbar. Setelah arahan disampaikan, Kapolda mengetuk palu tanda dimulainya pelaksanaan wasrik. Setelah taklimat awal selesai, Kapolda, Kaper BPKP dan Irwasda menyapa Tim Wasrik gabungan antara POLDA dan BPKP. Tim BPKP akan memperkuat pengawasan dan pemeriksaan (Wasrik) yang dilakukan oleh Polda Sulbar agar pengawasan dapat dilaksanakan sesuai dengan Standar dan waktu yang telah ditentukan serta menghasilkan laporan dan rekomendasi yang berkualitas.