BPKP Sulbar Dukung Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia

Senin (5/4) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu, didampingi oleh Korwas Bidang Akuntan Negara, I Komang Asmara menghadiri Opening Ceremony Festival Ekonomi dan Keuangan Digital Indonesia (FEKDI) dan Launching Satuan Tugas Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah (P2DD) Indonesia dengan tema “Bersinergi dalam Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan Indonesia”.

Opening Ceremony FEKDI dilaksanakan secara langsung oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Barat bertempat di Ballroom Utama Hotel Grand Mutiara Mamuju. Sedangkan, secara daring oleh Kantor Pusat Bank Indonesia. Acara secara daring dibuka oleh Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo yang semua pihak terkait untuk bersinergi dalam mendukung akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan di Indonesia.

Acara dilanjutkan dengan Leader’s Testimony oleh Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, Menkeu, Sri Mulyani Indrawati dan Menkominfo, Johny G. Plate. Turut hadir juga Mendagri, MenpanRB, Ketua Dewan Komisioner OJK, Ketua Komisi XI, dan Anggota II BPK.

Menko Perekonomian, melalui sesi Leader’s Testimony menyampaikan bahwa strategi nasional yang telah digariskan diharapkan dapat menjadi acuan untuk mencapai pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan inklusif dengan memanfaatkan teknologi digital. Langkah-langkah yang dilakukan adalah dengan memperkuat 4 pilar, yaitu : 1) Pengembangan SDM (khususnya bidang sains dan teknologi); 2) Infrastruktur digital dan infrastruktur fisik yang kuat; 3) Penyederharnaan Birokrasi; dan 4) Research dan inovasi digital.

Diharapkan melalui acara FEKDI dan Launching P2DD dapat meningkatkan hasil guna yang lebih baik. Karena pada hakekatnya, “Synergy is a better than my way or your way, it is our way”. Mari kita dukung akselerasi digitalisasi ekonomi dan keuangan di Indonesia.