Sinergi Program Pembangunan Pusat dan Demi Kesejahteraan Masyarakat Sulbar

Mamuju (25/11) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Barat, Hasoloan Manalu, didampingi Korwas Bidang IPP, Heru Siswanto, serta Kasubbag Keuangan, Sarjono, menghadiri acara penyerahan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Tahun 2021 dan Transfer ke Daerah dan Dana Desa kepada Kementeran, Lembaga, serta Pemerintah Daerah di Aula lantai 4 Kantor Gubernur Sulawesi Barat

Acara diadakan oleh Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat dan Pemprov Sulawesi Barat. Pada kesempatan ini Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat, Imik Eko Putro, mengatakan, bahwa dalam menghadapi akhir tahun 2020 yang tinggal beberapa hari kerja lagi, diharapkan agar Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) masing-masing Satker dapat menyerap anggaran lebih baik lagi sehingga dapat mencapai target sebesar 98 persen dalam tahun 2020.

Pada tahun 2021, kinerja pelaksanaan anggaran masing-masing kementerian/lembaga dan pemerintah daerah, diharapkan dapat meningkat menjadi dan semakin berkualitas sesuai dengan tarerget yang telah di tetapkan. Imik berharap seluruh instansi kementerian/lembaga serta pemda dapat terus meningkatkan sinergi dalam melaksanakan program lintas sektoral dan menjalin koordinasi serta komunikasi yang lebih intensif lagi guna mewujudkan percepatan pemulihan ekonomi dan penguatan reformasi birokrasi. Selain itu, Imik juga mengumumkan Alokasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa di setiap Kabupaten di wilayah Provinsi Sulawesi Barat.

Acara dilanjutkan dengan sambutan oleh Gubernur Sulawesi Barat Ali Baal Masdar (ABM), yang mengatakan bahwa kebijakan Pemerintah untuk melaksanakan APBN Tahun 2021 fokus pada penanganan dampak COVID-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Untuk itu, dukungan dari pemerintah daerah sangat penting dalam bentuk sinergi program pembangunan antara APBN dan APBD. ABM berharap penggunaan dana transfer ke daerah dan dana desa dilakukan sesuai arah kebijakan yang dipesankan oleh Presiden. ABM juga mengajak para bupati dan pimpinan instansi vertikal untuk selalu merawat semangat kebersamaan dan menguatkan sinergi. Tidak lupa ABM berpesan untuk penggunaan DIPA dan TKDD tahun 2021 selalu memegang prinsip akuntabilitas dan transparansi sesuai ketentuan yang berlaku demi kesejahtaeraan masyarakat Sulawesi Barat. ABM juga menyerahkan Treasury Award tahun anggaran 2020 kepada 6 Satker, dengan kategori capaian Indikator Kinerja Pelaksanaan Anggaran (IKPA) terbaik, serta 6 Satker dengan kategori realisasi terbaik di Sulawesi Barat tahun 2020.