Pembukaan Diklat Fungsional Auditor dilingkungan APIP Provinsi NTB, SULTENNG dan KALTENG



 

Untuk menjadi auditor, seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) harus mengikuti pelatihan untuk mendapatkan pengakuan secara keilmuan dan kedinasan yang ditandai dengan hasil kelulusan ujian sertifikasi auditor. Untuk dapat melaksanakan tugas pengawasan, auditor tersebut harus memiliki bekal kompetensi, kapabilitas dan profesionalisme yang cukup.

Berkaitan dengan hal tersebut, pada Senin, 30 Agustus 2021, bertempat di Hotel Jayakarta Lombok, Kepala perwakilan BPKP Provinsi Nusa Tenggara Barat, Ilham Nurhidayat bersama Inspektur Sumbawa Barat I Made Budi Atha membuka Pelatihan Fungsional Auditor Ahli Pertama di Lingkungan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah untuk Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Tengah.

Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan BPKP NTB memberikan apresiasi kepada seluruh pimpinan APIP atas komitmennya dalam peningkatan kompetensi SDM APIP. Komitmen ini sekaligus menunjukan adanya kepemimpinan yang kondusif dalam rangka mendorong terciptanya tata kelola, manajemen risiko dan pengendalian intern yang baik untuk mengawal pencapaian tujuan pemda. Ilham Nurhidayat berharap agar Kepala daerah dan Inspektur benar-benar mengoptimalkan para auditor ini dilakukan pembinaan sesuai formasi awalnya sebagai auditor, tidak buru-buru dipindahkan ke OPD lain setelah mendapatkan pelatihan sertifikasi ini.

Pelatihan yang dibiayai dari dana State Accountability Revitalization (STAR), dilaksanakan mulai tanggal 30 Agustus sampai 13 September 2021 merupakan kelajutan proses pembelajaran metode e-learning pada tahap sebelumnya dengan metode Blended Learning yang memadukan e-learning dan tatap muka/pembelajaran jarak jauh. Pelatihan ini diikuti 28 orang berasal dari APIP di Wilayah Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Tengah dan Kalimantan Tengah. Pelatihan dilaksanakan dengan penerapan protolol kesehatan yang ketat.

#bpkpntbterdepan
#BPKPHadirBermanfaat