Inspektorat Kabupaten Nduga Mulai Terapkan Aplikasi SIBIJAK dalam Penilaian Angka Kredit

 

JAYAPURA- Selasa, 5 Oktober 2021, Pengendali Teknis Bidang P3APIP Nurtjahjo Sigit Waluyo, mewakili Koordinator Pengawasan Bidang P3A bersama dengan tim membuka acara Bimbingan Teknis Penilaian Angka Kredit pada Inspektorat Kabupaten Nduga, yang bertempat di Ruang Cendrawasih Kantor BPKP Provinsi Papua. Kegiatan ini diikuti oleh Inspektur Pembantu Wilayah I,  Kepala Sub Bagian Kepegawaian, Kepala Sub Bagian Keuangan, dan 5 Auditor Muda Inspektorat Kabupaten Nduga. Sigit menyampaikan harapan agar di masa mendatang Inspektorat Kabupaten Nduga dapat menggunakan aplikasi SIBIJAK yang dikembangkan oleh Pusbin JFA BPKP Pusat. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pengelolaan penilaian kredit JFA, tidak lagi menghitung secara manual.

Selain mempermudah dalam penghitungan angka kredit, aplikasi SIBIJAK mempunyai layanan yang meliputi layanan sertifikasi (seleksi peserta, ujian, dan penerbitan sertifikasi), serta fasilitasi pengangkatan (verifikasi dan penerbitan persetujuan pengangkatan). Para JFA juga dapat mengetahui jadwal diklat maupun sertifikasi secara cepat.

Kegiatan berlangsung selama 3 hari, peserta diberikan materi yang berkaitan dengan PERKA BPKP NO: 708/K/JF/2009 tentang Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Auditor, Permenpan No 220 tentang Jabatan Fungsional Auditor dan Angka Kreditnya, PERKA BPKP NO: 503/K/JF/2010 tentang Prosedur Kegiatan Baku Penilaian dan Penetapan Angka Kredit Auditor, Simulasi Penilaian Angka Kredit, dan Implementasi SIBIJAK.

Tujuan diadakannya Bimbingan Teknis adalah agar tim penilai angka kredit mendapat pemahaman dalam meneliti kelengkapan dan kebenaran berkas angka kredit yang diajukan oleh Auditor, melaksanakan penilaian DUPAK secara mandiri, dan menyampaikan berkas hasil penilaian kepada Sekretariat Tim Penilai baik secara manual maupun melalui Aplikasi SIBIJAK.

Peserta dari Inspektorat Kabupaten Nduga sangat antusias selama mengikuti kegiatan karena dapat berdiskusi secara langsung dengan narasumber.

Di akhir kegiatan penutupan acara dilakukan oleh Koordinator Pengawasan Bidang P3APIP, Bapak Eko Hery Winarno. Beliau menyampaikan ke depannya, Perwakilan BPKP Papua akan terus menjalin kerja sama dengan Inspektorat Kabupaten Nduga dalam peningkatan kapabilitas Inspektorat Nduga. Acara ditutup  dengan sesi foto bersama.