BPKP Papua Monitor Kesiapan Pasokan Listrik PT PLN (Persero) Dalam Mendukung PON XX dan PEPARNAS XVI

SENTANI (29/09) Tim BPKP Papua meninjau kesiapan PT PLN (Persero) UIW Papua dan Papua Barat menyediakan energi listrik  dalam Mendukung Penyelenggaraan PON XX dan PEPARNAS XVI Tahun 2021 di Provinsi Papua.

Acara pembukaan Pekan Olah Raga Nasional kian dekat. Berbagai persiapan Opening Ceremony juga semakin digiatkan. Sebagai wujud kontribusi BUMN dalam mendukung suksesnya penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Papua, PT. PLN (Persero) UIW Papua dan Papua Barat turut serta memberikan dukungannya.

Bentuk dukungan PT. PLN (Persero) UIW Papua dan Papua Barat dalam mensukseskan PON XX dan Peparnas XVI berupa sponsorship yang dituangkan dalam perjanjian Kerjasama dengan PB PON XX senilai total Rp308.547.598.059. Sebanyak Rp5.000.000.000 diserahkan dalam bentuk uang tunai sedangkan sisanya merupakan investasi prasarana untuk menjamin kestersediaan energi listrik yang tersebar di seluruh venue. Seluruh venue sudah kami siapkan kebutuhan energinya dari alokasi dana investasi tersebut, sehingga setiap pertandingan yang digelar sudah terjamin pasokan energi listriknya, demikian diungkapkan Abdul farid, General Manager PT. PLN (Persero) UIW Papua dan Papua Barat.

Perwakilan BPKP Papua sebagai intansi pengawasan internal pemerintah senantiasa hadir dan turut serta dalam mensukseskan PON XX dan PEPARNAS XVI di Provinsi Papua. Adapun kegiatan pengawasan yang dilakukan yaitu melaksanakan monitoring terhadap penempatan asset-aset investasi pada venue olah raga untuk memberikan keyakinan penyediaan suplai energi listrik oleh PT PLN (Persero) UIW Papua dan Papua Barat dalam Mendukung Penyelenggaraan PON XX dan PEPARNAS XVI Tahun 2021 di Provinsi Papua dapat tercukupi dengan baik dan pesta olahraga nasional empat tahunan ini dapat berjalan dengan lancar.

Dengan didampingi tim teknis PT PLN UIW Papua dan Papua Barat, dalam kesempatan ini Putu Yudi Tenaya selaku Koordinator Pengawasan Bidang Akuntan Negara beserta tim mengunjungi beberapa lokasi yang digunakan menyuplai energi listrik untuk penyelenggaraan PON XX dan PEPARNAS XVI Tahun 2021 di Provinsi Papua diantaranya unit kubikel Gardu listrik beserta fasilitas penunjang (Genset Mobile dan UPS) untuk masing-masing venue olahraga di Kompleks Olahraga Kampung Harapan (venue utama Stadion Lukas Enembe, venue Aquatic, Istora dan venue Lapangan Tembak Indoor), Kompleks Olahraga di Auri (venue softball, baseball dan lapangan tembak outdoor) dan Kompleks Olahraga di  Doyo Baru (venue cricket dan hockey). Adapun mobile genset yang telah disiapkan untuk mendukung perhelatan olahraga nasional ini memiliki kapasitas 100 kW, 200 kW, 500 kW hingga 1000 kW.

Selain itu tim BPKP juga berkesempatan mengunjungi Gardu Induk PLN Sentani yang terletak tidak jauh dari Venue utama PON XX dan PEPARNAS XVI Kompleks Olahraga Kampung Harapan.

Secara umum pengamanan pasokan listrik yang dilaksanakan PLN sudah terjaga dengan baik. Selain menyediakan fasilitas penanganan gangguan hingga 4 level juga ditempatkan personil yang selalu menjaga dan memastikan kelancaran operasional mesin terutama pada saat pertandingan sedang berlangsung. Bahkan PT. PLN (Persero) UIW Papua dan Papua Barat mendatangkan bantuan tenaga teknis dari luar Papua untuk memenuhi kebutuhan jumlah personil di lapangan.

Kegiatan monitoring ini akan terus dilaksanakan hingga seluruh rangkaian kegiatan PON XX dan Peparnas XVI selesai pada waktunya. Setiap perkembangan informasi yang berhasil diperoleh di lapangan akan menjadi masukan yang bermanfaat bagi peningkatan pelayanan PT. PLN (Persero) UIW Papua dan Papua Barat bagi suksesnya penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI Papua.