Tingkatkan Sinergi Auditor Internal dan Eksternal, BPKP Papua Kunjungi BPK Papua

Jayapura (28/08) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Papua, Yan Setiadi mengunjungi Kepala Perwakilan BPK Provinsi Papua, Paula Henry Simatupang dikantornya.  Paula menyambut baik kedatangan Yan di ruang kerjanya. Selain silaturahmi dan perkenalan, Yan yang pada saat itu didampingi Korwas Bidang APD 2, Bidang IPP, dan Bidang P3APIP juga menegaskan bahwa sinergi antara auditor internal dan auditor eksternal harus tetap dijaga mengingat sebelumnya BPKP  telah menugaskan 11 orang tenaga auditor guna memenuhi permintaan BPK untuk membantu dalam audit LKPD (Laporan Keuangan Pemerintah Daerah). “Saya kira hal tersebut merupakan pengalaman yang baru bagi pemeriksaan BPK maupun auditor BPKP dan dengan SIMDA sangat membantu efektivitas dan efisiensi pemeriksaan BPK, ”ucap Paula. Paula mengapresiasi sinergi pemeriksaan BPKP-BPK tersebut dan  berharap agar BPKP dapat memberikan workshop SIMDA kepada para pemeriksa BPK.

Kunjungan tersebut juga dimaksudkan untuk mengaktifkan kembali organisasi IAI (Ikatan Akuntan Indonesia) di wilayah Papua dimana posisi Kepala Perwakilan BPKP dan BPK sebagai Dewan Konsultatif untuk IAI wilayah Papua.

Selain IAI, Yan dan Paula juga membahas rintisan kepengurusan IPKN (Institut Pemeriksa Keuangan Negara) dan meminta Kepala Perwakilan BPKP terlibat dalam kepengurusan organisasi tersebut.

Dalam kunjungannya Yan berharap kualitas komunikasi akan ditingkatkan lagi antara BPKP dan BPK. “Komunikasi dapat ditingkatkan melalui kegiatan informal seperti kegiatan olahraga/ seni, khususnya futsal, bulutangkis, dan tenis meja,”pungkas Yan seraya berpamitan kepada Paula.

(KOMINFO BPKP PAPUA/ FAM)