Persiapan Masa Tua Sejahtera, BPKP Maluku Ikuti Sosialisasi Taspen

Rabu, 9 September 2020 – Perwakilan BPKP Provinsi Maluku berkesempatan mengikuti kembali sosialisasi yang diadakan oleh PT. Taspen (Persero) Cabang Ambon pada Rabu (9/9). Kegiatan sosialisasi kali ini terkait Jaminan Sosial JKK, JKM dan program pensiun bagi Pegawai ASN pada Badan Penyelenggara Negara.

Sosialisasi berlangsung pada pukul 10.00 WIT di ruang aula lantai 2 kantor Perwakilan BPKP Provinsi Maluku. Turut hadir dalam sosialisasi tersebut Kepala Perwakilan Rizal Suhaili didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Saul Pabendon, jajaran Struktural, Korwas, Dalnis dan para pegawai yang sedang WFO. Kepala Perwakilan Rizal Suhaili dalam sambutannya menuturkan bahwa sosialisasi ini sangat penting karena terkait JKK, JKM dan juga jaminan sosial untuk masa pensiun bagi para pegawai ASN di lingkungan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.

Sementara itu, Kepala Kantor PT. Taspen (Persero) Cabang Ambon Surya Mustafa menyampaikan tujuan diadakannya sosialisasi kali ini adalah untuk memberikan informasi bahwa Taspen akan siap sedia membantu dan mengelola jaminan sosial untuk para pegawai ASN pada Badan Penyelenggara Negara, salah satunya pegawai di Perwakilan BPKP Provinsi Maluku. Surya juga mengucapkan terima kasih karena sudah diberikan kesempatan untuk berkunjung kembali dan mengadakan sosialisasi kesekian kalinya. Surya berharap hal ini dapat mempererat tali silaturahmi dan menguatkan sinergi antara pihak PT. Taspen (Persero) Cabang Ambon dan Perwakilan BPKP Provinsi Maluku.

Kemudian acara dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh pihak PT. Taspen (Persero) Cabang Ambon yang terbagi dalam tiga sesi. Dalam pemaparan tersebut disampaikan bahwa saat ini PT. Taspen (Persero) Cabang Ambon telah bekerja sama dengan 9 Mitra Bayar dalam melayani 26.643 peserta pensiun dengan total pembayaran pensiun per Juli 2020 sebesar Rp. 69.353.611.200. Dan di Provinsi Maluku sendiri peserta aktif untuk Sipil Pusat mencapai 11.483 peserta dan Sipil Daerah Otonom sekitar 52.980 peserta dengan total 64.463 peserta. Selain itu PT. Taspen (Persero) Cabang Ambon berkomitmen untuk memberikan inovasi-inovasi baik dari segi pelayanan maupun program unggulan kepada seluruh pesertanya yang tersebar di 11 Kabupaten/kota di Provinsi Maluku.

PT. Taspen (Persero) Cabang Ambon memiliki 4 program unggulan yaitu Program Tabungan Hari Tua (THT), Program Pensiun, Program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) serta Program Jaminan Kematian (JKM). Program JKK dan JKM selain diperuntukkan bagi ASN dan Pejabat Negara juga memberikan perlindungan bagi Pegawai Pemerintah Non–ASN dan Non PPPK. Selain 4 program unggulan milik Taspen tadi, disampaikan pula mengenai produk-produk lainnya yang dihasilkan oleh PT Taspen (Persero) diantaranya aplikasi Taspen Mobile, Asuransi Dwiguna, dan Taspen Life. Pelayanan Taspen saat ini sudah mulai mengembangkan layanan E-Klim dimana layanan tersebut dapat diakses langsung dari rumah peserta dan pensiunan melalui jaringan internet.

Usai pemaparan materi, para pegawai yang hadir diberi kesempatan untuk bertanya pada sesi tanya jawab. Dalam sesi tersebut ternyata para pegawai cukup antusias dalam bertanya terutama terkait program pensiun bagi Pegawai ASN. Setelah itu acara ditutup dengan sesi foto bersama.

 

 

(Kominfo BPKP Maluku)