Mewujudkan Keandalan Tata Kelola Keuangan Desa dengan Siswaskeudes

Manado – Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes) merupakan solusi bagi pemerintah daerah dalam mengelola dan mengawasi keuangan desa. Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim) bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) menggelar Workshop Implementasi Aplikasi Siswakeudes bagi Inspektorat Pemkab Boltim, Senin (22/11).

Sebagai keynote speech dalam acara tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring menyampaikan dalam melakukan tugasnya telah melakukan assurance dan consulting. Atas pengawasan dana desa, Perwakilan BPKP telah melakukan audit dana desa, dan dalam fungsi consulting telah melakukan workshop atau coaching clinic kepada aparat desa dalam berbagai kesempatan.

“Pada kesempatan ini, kita akan membahas terkait dengan Workshop Aplikasi Sistem Pengawasan Keuangan Desa (Siswaskeudes). Untuk memperlancar implementasi Siswaskeudes ini, maka faktor utamanya adalah implementasi Siskeudesnya telah berjalan dengan baik”, ungkapnya.

Siswaskeudes diharapkan dapat mempercepat pengawasan dengan waktu dan cakupan desa yang lebih banyak atau dengan kata lain semakin banyak desa yang dapat diaudit.

“Dengan memanfaatkan aplikasi Siswaskeudes ini, diharapkan dapat menghemat waktu pelaksanaan audit, hasil pengawasan lebih rapi dan tertata, serta peta permasalahan sebagai dasar tindak lanjut dapat segera dirumuskan”, ujar Kaper.

Kegiatan yang dilaksanakan mulai 22 November sampai 26 November 2021 ini, diikuti oleh 31 peserta dari Inspektorat Kabupaten Boltim yang diselenggarakan di Hotel Luwansa Manado.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Bupati Boltim yang diwakili Sekretaris Daerah Boltim Sonny Waroka, Asisten Daerah, Plt. Inspektur, Korwas Bidang APD Glenn Davies Siwu serta tim Bidang APD yang menjadi instruktur dalam workshop tersebut.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)