Tingkatkan Sinergi dan Pengetahuan Penanganan Korupsi dengan Pelatihan Bersama

Manado – Guna meningkatkan sinergi, integritas, pengetahuan serta keterampilan bagi para Hakim, Penyidik Kepolisian, Jaksa Penuntut Umum, serta Auditor Pemerintah dalam hal penanganan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Bersama Peningkatan Kemampuan bagi Aparat Penegak Hukum di Wilayah Sulawesi Utara, Selasa (14/10).

Pelatihan yang diselenggarakan selama 3 hari di Hotel Novotel Manado tersebut, diikuti oleh peserta dari Kepolisian Daerah Sulawesi Utara, Kejaksaan, Pengadilan Tinggi, Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara, serta Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Utara  dengan narasumber dari KPK serta APH.

Plt. Deputi Bidang Koordinasi dan Supervisi KPK Yudhiawan menyampaikan bahwa pelatihan yang dilaksanakan merupakan agenda dari supervisi. KPK, saat ini lebih mengutamakan sinergi dengan lembaga terkait dalam pemberantasan korupsi. Selain itu, KPK saat ini dalam penugasannya lebih mengutamakan pencegahan. Hal itu agar tidak terjadi tindak pidana korupsi. Sehingga segala bentuk korupsi dapat dicegah dan diatasi.

“Melalui media pelatihan bersama ini diharapkan dapat semakin meningkatkan pengetahuan, keterampilan APH dan auditor, serta mengikis sikap ego sektoral yang dapat menghambat proses penegakan hukum,” tutup Plt. Deputi.

Kapolda Sulawesi Utara Irjen Polisi Nana Sujana dalam sambutannya menyampaikan rasa terima kasih atas pelatihan yang diadakan. Menurutnya, pelatihan yang digelar merupakan momentum untuk melakukan evaluasi guna meningkatkan efisiensi dan efektifitas pelaksanaan penegakan hukum dan peningkatan integritas maupun sinergi antar APH. Untuk itu ia berharap, agar para peserta dapat memanfaatkan waktu serta serius mengikuti pelatihan yang digelar, sehingga ilmu yang didapatkan akan bermanfaat untuk menunjang tugas-tugas.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan bersama, Kepala Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara A. Dita Prawitaningsih, Ketua Pengadilan Tinggi Sulawesi Utara Lexsy Mamonto, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring, serta Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Utara.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)