Optimalkan Potensi Desa Untuk Kesejahteraan Masyarakat Pedesaan

Minahasa – Guna meningkatkan kontribus pembangunan dan pertumbuhan ekonomi desa secara berkelanjutan, diperlukan penguatan kapasitas dalam manajemen dan tata kelola keuangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Untuk mengimplementasikan penguatan kapasitas tersebut, Pemerintah Kabupaten Minahasa bekerja sama dengan Perwakilan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Sulawesi Utara menyelenggarakan Bimtek Sistem Informasi Akuntansi BUMDes (SIA BUMDes) bagi BUMDes di 22 kecamatan se-Kabupaten Minahasa.

Bimtek dilaksanakan mulai hari Rabu (06/10), diawali dengan Bimtek pada 3 kecamatan, yaitu Kecamatan Pineleng, Mandolang, dan Tombulu, yang bertempat di Makatete Hills Warembungan. Hadir dalam pembukaan bimtek, Asisten III Sekretariat Daerah Bidang Administrasi Umum Vicky Tanor, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Beligan Sembiring, yang didampingi oleh Korwas Bidang Akuntan Negara Harri Mustari dan tim, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Jeffry Tangkulung, para Camat, serta para peserta bimtek yang berasal dari 37 BUMDes di 3 kecamatan. Target untuk 22 kecamatan yang akan selesai pada 22 Oktober 2021 sebanyak 227 BUMDes.

Mengawali sambutannya, Beligan Sembiring menyampaikan bahwa pendirian BUMDes diharapkan dapat memberi kontribusi dalam pembangunan desa. Oleh karena itu, BUMDes harus mengembangkan atau menggali potensi usaha yang ada di desanya. Dengan demikian, dalam arti memperoleh keuntungan usaha yang mampu menyumbang bagi peningkatan pendapatan desa.

Ia memberi contoh beberapa BUMDes lain yang telah sukses menggali potensi usaha dan kerja sama dari masyarakat desa, yang semangatnya diharapkan dapat menular kepada BUMDes yang ada di Kabupaten Minahasa.

Senada dengan Beligan, Vicky Tanor mengharapkan agar pengoperasian aplikasi SIA BUMDes dapat membantu meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan sehingga dapat berdampak signifikan bagi kesejahteraan masyarakat desa. Sembari menutup sambutannya, ia juga mengapresiasi peran BPKP dalam pengawasan pengelolaan keuangan desa di Bumi Minahasa. Lebih lanjut ia berpesan agar para peserta bimtek dapat mengikuti dengan serius, sehingga ilmu yang diperoleh bisa diaplikasikan untuk perkembangan BUMDes ke depan.

(Kominfo BPKP Sulut/AMFDP/TH)