BPKP Kawal Penyaluran Bantuan Sosial di Sulawesi Utara

Manado – Menteri Sosial RI Tri Rismaharini meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk mengawal melalui kegiatan pengawasan terkait penyaluran bantuan sosial agar tepat sasaran, sesuai target dan akuntabel. Hal itu disampaikan Mensos saat kunjungan kerja meninjau langsung penyerahan Bantuan ATENSI (Asistensi Rehabilitasi Sosial), Graduasi PKH, Kewirausahaan, dan ATENSI Anak Yatim/Piatu di Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Tumou Tou, Manado Sulawesi Utara, Jumat (01/10).

Selain penyerahan bantuan sosial, dilakukan juga kegiatan Pemadanan Data PKH, BST, dan BPNT guna memastikan progress penyaluran Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang di lakukan Kab/Kota di Sulawesi Utara.

Hasil pemaparan yang dilakukan bersama para Kepala Dinas Sosial, para Pimpinan Cabang Bank Himbara Kab/Kota se-Sulawesi Utara serta para Korda masing-masing Kab/Kota terdapat kendala-kendala yang menghambat distribusi KKS seperti masih terdapat KKS yang rusak, kesalahan distribusi wilayah oleh Himbara, dan KKS belum diterima KPM.

“Kita harus serius menangani bansos karena menyangkut nasib orang miskin. Jangan lihat jumlah orang, satuorang saja yang bermasalah belum terima bantuan, kita harus serius menangani, karena menyangkut makan orang”, ungkap Mensos RI membuka arahannya.

Adanya bencana di Bolaang Mongondow dan Minahasa Tenggara, Mensos meminta agar korban bencana tersebut diprioritaskan untuk menerima bantuan. Untuk daerah dengan geografis yang sulit dijangkau, tambahnya, agar bantuan yang disalurkan oleh Himbara dalam bentuk cash/tunai.

Lebih lanjut ia juga meminta agar seluruh KKS yang belum disalurkan agar selesai sampai diterima atau dicairkan KPM dalam dua minggu ke depan.

“Jika KKS tidak segera disalurkan, ada risiko warga punya KKS tapi saldo kosong karena telah lewat waktunya”, ungkap Mensos RI.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wali Kota Manado Andrei Angouw serta Wakil Wali Kota Manado Richard Sualang, Ketua DPRD Sulut, para Kepala Dinas Sosial Kab/Kota se-Sulawesi Utara, Korwas Bidang IPP BPKP Sulut Bagus Putu Santika dan tim, para Pemimpin Cabang Bank Himbara Kab/Kota se-Sulawesi Utara, jajaran pimpinan dan staf khusus Kemensos RI, serta para pendamping PKH Kab/Kota se-Sulawesi Utara.

 

(Kominfo BPKP Sulut/TH)