IPKN sebagai Wadah Kolaborasi Pemeriksa Internal dan Eksternal

Manado (Kamis, 15 Oktober 2020) – Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Setya Nugraha bersama Rektor Universitas Sam Ratulangi Ellen J. Kumaat dan Ketua IAI Sulawesi Utara Lientje Kalangi dilantik sebagai Dewan Konsultatif Institut Pemeriksa Keuangan Negara (IPKN) Wilayah Timur periode 2020-2023 Provinsi Sulawesi Utara serta Kepala Perwakilan BPK RI Provinsi Sulawesi Utara Karyadi duduk sebagai Ketuanya.

Kegiatan yang dilakukan secara tatap muka dan online ini, diikuti peserta sebanyak 800 orang terdiri atas 50 orang dari BPK pusat, dan 750 orang dari wilayah Provinsi Sulawesi, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat.

Menilik sejarahnya, IPKN dibentuk pada 20 Februari 2020 sebagai organisasi profesi yang gagasan utamanya adalah untuk membina dan meningkatkan kompetensi pemeriksa negara secara sistematis dan berkesinambungan. Selain itu, organisasi ini diharapkan menjadi wadah komunikasi dan koordinasi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman serta pengembangan hubungan kelembagaan dengan lembaga dan organisasi profesi yang memiliki basis kompetensi yang sama.

Hadir secara daring, Anggota V BPK RI yang juga sebagai Ketua Umum Dewan Pengurus IPKN Bahrullah Akbar menyampaikan bahwa dengan keberadaan IPKN, diharapkan berguna untuk meningkatkan profesionalisme anggotanya dan juga meningkatkan hubungan antara pemeriksa BPK dengan profesi akuntan dan auditor internal pemerintah dalam rangka meningkatkan kualitas pemeriksaan keuangan negara. Bahrullah menambahkan, dengan dilantiknya kepengurusan di wilayah Sulawesi, Maluku, dan Papua mampu memimpin dan membina IPKN dengan baik sehingga keberadaan IPKN semakin mendukung ikatan kompetensi dan kinerja dari pemeriksa keuangan negara serta membentuk para pemeriksa yang profesional dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih baik dan menjalin sinergi.

Acara pelantikan juga diikuti oleh para Gubernur, para Bupati dan Walikota, para Rektor, serta para Pengurus IAI dari provinsi masing-masing.

 

(Tim Kominfo BPKP Sulut/TH)