Revitalisasi Pasar Rakyat Malalayang, Disperindag Kota Manado ajak BPKP Sulut Perkuat Pengawasan

Manado (Rabu, 14 Oktober 2020) – Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara mengikuti kegiatan PreConstruction Meeting (PCM) yang di gelar oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Manado. Kegiatan dilaksanakan dalam persiapan Pembangunan atau Revitalisasi Pasar Rakyat Restorasi Malalayang Kota Manado.

Dalam pertemuan tersebut pihak perencana atau kontraktor memaparkan desain bangunan yang nantinya akan digunakan oleh pelaksana pekerjaan. Selain itu, desainnya mengacu kepada surat edaran Kementerian Perdagangan RI (Kemendag RI) di mana Kemendag sudah mengeluarkan prototype dan hampir semua pasar sudah mengikuti desain tersebut. Pekerjaan yang harus selesai pada 9 Desember ini nantinya akan menggunakan material dari wilayah sekitar sehingga diharapkan akan selesai tepat waktu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Utara Setya Nugraha menekankan kepada semua pihak mulai dari perencana, pelaksana, pengawas dan PPK serta Disperindag Kota Manado untuk memahami peran dan tugasnya masing-masing. Segala detail aturan harus dipedomani. Ia juga menekankan agar kualitas pekerjaan dan dokumentasi harus dicermati. Selain itu ia kembali menekankan agar pengawasan diperketat. “Kontrol adalah sebuah kekuatan bagi kesuksesan semua aktifitas,” tutup Kaper. Ia berharap agar pekerjaan dapat selesai tepat waktu dan dapat digunakan oleh masyarakat.

Korwas Bidang IPP Bagus Putu Santika yang ikut mendampingi Kaper menambahkan agar semua pihak juga memahami mekanisme penyelesaian pekerjaan di akhir tahun. Ia juga menekankan terkait pembayaran agar disesuaikan dengan termin waktu yang berlaku agar pembangunan berjalan lancar.

Usai PreConstruction Meeting (PCM) di kantor Disperindag, kegiatan dilanjutkan dengan Mutual Check (MC-0) atau pengecekan ke lokasi  pasar yang akan di bangun.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Disperindag Kota Manado Hendrik Waroka dan jajaran serta pihak perencana, kontraktor atau pelaksana, PPK dan pengawas.

 

(Tim Kominfo BPKP Sulut/TH)