Wujudkan Link and Match DUDI, Dekan FEB Untad Gandeng BPKP

 

Palu (25/9), Dalam rangka mewujudkan link and match  antara dunia usaha, dunia industri (DUDI) dengan lingkungan akademik, Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako (Untad) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema “Pemetaan Kompetensi Lulusan”. FGD dilaksanakan pada tanggal 25 September 2021 di Hotel Helsinki Palu. Selain civitas akademik Untad, turut hadir para undangan yang mewakili dunia kerja, baik dari lembaga dan organisasi masyarakat, usaha sektor privat,  maupun pemerintahan, termasuk Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Evenri Sihombing, yang didampingi Koordinator Pengawasan Bidang Program, Pelaporan, dan Pembinaan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (Korwas P3A), Muh. As’af.

Dalam sambutannya ketika membuka FGD, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tadulako, DR. Muhammad Ikbal, S.E., M.Si., Ak. menyatakan bahwa tujuan utama diskusi ini adalah untuk memperoleh masukan dari para mitra tentang kompetensi yang diperlukan di di lingkungan kerja masing-masing. Masukan ini akan menjadi bahan evaluasi dan feedback  bagi akademisi dalam melakukan penyusunan dan penyesuaian kurikulum agar sesuai dengan kodisi dan kebutuhan dunia kerja.

Pada kesempatan ini, Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah menyampaikan bahwa untuk mengakselerasi alumni Jurusan Akuntansi Untad masuk dunia kerja, maka kampus harus membekali mereka dengan kompetensi dan keterampilan yang memadai. Bekal tersebut tidak hanya kompetensi akdemik yang diperlukan saat mereka telah masuk dalam dunia kerja, tapi termasuk kemampuan saat apply pekerjaan. “Banyak fresh graduate dengan kemampuan akademik di atas rata-rata yang kesulitan dapat kerja karena gagal dalam tes penerimaan pegawai, seperti psikotes, wawancara, dan sejenisnya”, kata Evenri. Untuk itu, alumni harus dibekali tidak hanya komptensi teknis sesuai bidangnya, tapi juga diperkaya dengan keterampilan dan keahlian tes saat melamar pekerjaan.

Sebelum menutup FGD, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untad juga meyerahkan draft Naskah Kerja Sama dengan Mitra Kerja yang hadir, termasuk dengan Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, yang terima langsung oleh Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Tengah, Evenri Sihombing. Dekan berharap BPKP bisa menjadi tempat magang bagi mahasiswa Untad. BPKP selaku praktisi di bidang pengawasan juga diharapkan dapat menjadi narasumber dan atau dosen tamu di Jurusan Akuntansi Untad.

 

Kominfo BPKP Sulteng, Muh As'af/ Naufal