BPKP Sulteng Kawal Dana Desa di Kabupaten Sigi

 

Sigi (15/12), Workshop Monitoring dan Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa digelar di Kabupaten yang terkenal dengan moto “Mareso Masagena”, yaitu Kabupaten Sigi.

Workshop tersebut mengusung tema “Pengelolaan Dana Desa yang Cepat, Tepat, dan Terpadu sebagai Upaya Penanganan Dampak Covid-19”,yang dibuka dan dihadiri langsung oleh  Bupati Sigi, Bapak Mohamad Irwan Lapatta, S.Sos., M.Si. Dalam sambutannya, Bupati berpesan kepada para Kepala Desa agar serius dan bekerja keras dalam mengelola Dana Desa yang diterima untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan keuangan desa dan tidak lupa juga meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan stakeholder, khususnya kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Workshop DD Sigi, merupakan Workshop yang kali ketiga telah dilaksanakan di wilayah Sulawesi Tengah, setelah Kab. Donggala dan Kab. Parigi Moutong.  Workshop  ini, dengan narasumber: Bupati Sigi (Mohamad Irwan Lapatta, S.Sos., M.Si),Kepala KPPN Palu (Abdul Yusuf, SST, Ak, SE, MPA, CA) dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi  Tengah (Beligan Sembiring, SE, MM, Ak, CA, QIA), yang dimoderatori oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sigi (Muh. Basir, SE., MP).

Acara Workshop dihadiri oleh beberapa Kepala OPD, Seluruh Camat, Tenaga Ahli Kabupaten, dan perwakilan Kepala Desa di lingkungan Kabupaten Sigi. Acara Workshop juga dilakukan secara daring, sehingga dapat diikuti oleh seluruh Kepala Desa dan Perangkat Desa di Kabupaten Sigi yang tidak hadir secara fisik.

Setelah acara Workshop di Aula, dilanjutkan dengan agenda kunjungan ke Kecamatan Sigi Kota yang diselenggarakan di Balai Pertemuan Desa Bora. Peserta kegiatan kunjungan terdiri atas Camat Sigi Kota, Sekretaris Camat,  Kepala Desa, Sekretaris Desa, Kaur Keuangan, Anggota BPD, Tenaga Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa serta perwakilan KPM BLT-DD di wilayah Kecamatan Sigi Kota. Tujuan ke desa untuk menggali permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh perangkat desa.

Pelaksanaan Workshop dan kunjungan dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat sebagaimana instruksi pemerintah dengan 3M (Memakai Masker, Mencuci Tangan, dan Menjaga Jarak).

 

Humas BPKP Sulteng, Sugimulyo/ M Ridwanullah/ Naufal