Dana Desa Cepat, Tepat, dan Terpadu di Kabupaten Parimo

 

Parigi (25/11), Workshop Monitoring dan Evaluasi Penyaluran dan Penggunaan Dana Desa digelar di Kabupaten yang terkenal dengan moto “Songu Lara Mombagu”, yaitu Kabupaten Parigi Moutong.

Workshop tersebut mengusung tema “Pengelolaan Dana Desa yang Cepat, Tepat, dan Terpadu sebagai Upaya Penanganan Dampak Covid-19”, yang dibuka dan dihadiri oleh Wakil Bupati Parigi Moutong, Bapak Badrun Nggai, SE. Dalam sambutannya, Wakil Bupati berpesan kepada para Kepala Desa agar serius dalam mengelola Dana Desa yang diterima untuk meminimalkan kemungkinan terjadinya penyimpangan dalam pengelolaan keuangan desa dan juga meningkatkan komunikasi dan koordinasi dengan stakeholder, baik pemerintah kecamatan ataupun Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD).

Kegiatan ini menampilkan narasumber dari Anggota DPD RI Komite IV (DR. Muhammad J. Wartabone, SH., M.HI),  Kasubbid Fasilitasi Pendapatan Transfer Dana Desa Pada Direktorat Fasilitasi Keuangan dan Aset Pemerintahan Desa - Kementerian Dalam Negeri (M. Rahayuningsih, S.Ag, M.Si), Kepala KPPN Palu (Abdul Yusuf, SST, Ak, SE, MPA, CA) , dan Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi  Tengah (Beligan Sembiring, SE, MM, Ak, CA, QIA), yang dimoderatori oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Parigi Moutong  (H. Ardi, S.Pd., MM).

Acara juga dihadiri oleh beberapa Kepala OPD, Seluruh Camat dan perwakilan Kepala Desa di lingkungan Parigi Moutong.

Setelah acara Workshop, dilanjutkan dengan agenda kunjungan ke Kecamatan Parigi yang diselenggarakan di Bambalemo Beach di Desa Bambalemo. Peserta kegiatan kunjungan terdiri atas Camat Parigi, enam Kepala Desa dan Kaur Keuangan, Tenaga Pendamping Desa, serta perwakilan KPM BLT-DD di wilayah Kecamatan Parigi.

 

Humas BPKP Sulteng, Sugimulyo/ I Ketut Arsa/ Naufal