Tingkatkan Kompetensi, Pemkot Makassar Lakukan Bimtek Penyusunan LKJIP

Makassar (1/12) - Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Arman Sahri Harahap didampingi Korwas APD II Agus Rianto menghadiri undangan sebagai narasumber dalam kegiatan Bimbingan Teknis Penyusunan Laporan Kinerja Instansi Pemerintah lingkup Pemerintah Kota Makassar di Hotel Arthama pada Rabu 1 Desember 2021.
 
Kegiatan Bimbingan Teknis yang dibuka secara resmi oleh Staf Ahli Bidang Pemerintahan,Hukum dan Politik Pemkot Makassar Irwan Bangsawan direncanakan berlangsung selama dua hari mulai tanggal 1 hingga 2 Desember 2021 dan diikuti sebanyak 51 SKPD dilingkungan Pemerintah Kota Makassar. 
 
Menurut Irwan, bimbingan teknis ini dilaksanakan dalam rangka untuk meningkatkan kompetensi pengelola SAKIP di level perangkat daerah dengan menghasilkan kualitas laporan kinerja instansi pemerintah yang lebih baik dengan memberikan informasi kinerja yang sesuai dengan perencanaan yang ditetapkan sehingga Kota Makassar dapat memperoleh predikat penilaian terbaik.  
 
Sementara itu Kepala Perwakilan BPKP Sulsel dalam kesempatan tersebut menyampaikan materi tentang penguatan akuntablitas kinerja Pemerintah Kota Makassar. Ia menjelaskan bahwa akuntabilitas kinerja merupakan garda terdepan dalam mewujudkan good governance. Akuntabilitas kinerja berkaitan dengan upaya pemerintah dalam mempertanggungjawabkan penggunaan anggaran sehingga menjadi bagian dari penilaian yang terkait dengan akuntabilitas keuangannya dan akuntabilitas penggunaan anggaran yang menghasilkan kinerja. "Jadi basisnya adalah kinerja, bukan sekedar bekerja yang hanya menghasilkan ouput tapi mari berfikir dengan basis kinerja yang menghasilkan outcome", ucapnya.
 
Kominfo Sulsel