Pemkot Parepare Selenggarakan Gelar Pengawasan di Kantor BPKP Sulsel

Makassar (6/10), Telah dilaksanakan Gelar Pengawasan Daerah pada Pemerintah Kota Parepare Tahun 2021 bertempat di Aula Lantai 3 Kantor BPKP Provinsi Sulawesi Selatan pada Rabu, 6 Oktober 2021. Gelar pengawasan tersebut mengangkat tema Sinergi APIP dalam Pengawalan Pemulihan Ekonomi Nasional.
 
Hadir pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Arman Sahri Harahap bersama Walikota Parepare Taufan Pawe, Wakil Walikota Parepare, Sekretaris Daerah Kota Parepare dan Inspektur Kota Parepare serta para Asisten, Pimpinan SKPD, para Pejabat Struktural serta Camat lingkup Kota Parepare. 
 
Gelar pengawasan tersebut terlaksana atas kerjasama Pemerintah Kota Parepare dan Perwakilan BPKP Sulsel dengan tujuan kegiatan untuk melakukan pertemuan dengan para pimpinan SKPD dalam meningkatkan pengawasan dalam lingkup Pemerintah Kota Parepare. 
 
Dalam sambutannya, Kepala Perwakilan (Kaper) menyampaikan bahwa pelaksanaan gelar pengawasan yang dilaksanakan pemerintah Kota Parepare di kantor BPKP Sulsel merupakan suatu kehormatan dan wujud dari soliditas dan kerjasama yang baik yang telah terjalin secara intens selama ini dengan Pemerintah Kota Parepare. 
 
Kaper menyatakan bahwa kegiatan yang dilaksanakan ini memiliki nilai strategis yang dapat dijadikan sarana untuk memberikan pemahaman kepada para pemangku kepentingan tentang peran, fungsi dan manfaat keberadaan APIP untuk memberikan nilai tambah dalam pencapaian tujuan. Menurutnya, APIP tidak lebih tinggi dari OPD yang lain, bahkan APIP Kota Parepare bagian dari eksekutif yang berada sejajar dengan OPD yang lain dibawah kendali Walikota, namun APIP memiliki tugas dan fungsi yang berbeda yaitu pengawasan.
 
Sementara itu, menyimak laporan yang disampaikan Inspektur, Kaper mengapresiasi kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan Inspektorat Parepare dalam memberikan masukan terkait dengan pengelolaan anggaran dan pembangunan di Kota Parepare. "Saya senang mendengar laporan yang disampaikan Inspektur yang telah melaksanakan kegiatan-kegiatan sebagai mata dan telinga Kepala Daerah dalam memberikan masukan dalam penggunaan anggaran dan pembangunan di Kota Parepare", ucapnya.
 
Disela-sela acara Gelar Pengawasan dilakukan pula penyerahan penghargaan kapabilitas APIP Level 3 bagi Inspektorat Kota Parepare. Sertifikat penghargaan diterima langsung Walikota Parepare Taufan Pawe.
 
Kominfo BPKP Sulsel