Pemkab Maros Menuju Maturitas SPIP Level 3

Maros - Senin (23/8/21)  Kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan bekerja sama dengan Inspektorat Kabupaten Maros menyelenggarakan Bimbingan Teknis  Implementasi SPIP Terintegrasi Pemerintah Daerah selama lima hari (Senin - Jumat) bertempat di ruang Pola Kantor Bupati Maros. Hadir pada acara tersebut  Bupati Maros Chaidir Syam, Kepala Perwakilan BPKP SulSel, Arman Sahri Harahap, didampingi Kasubdit PKD Eddy Sunardi bersama Tim Pusat dan juga Korwas APD1, Udoyo Hari Wirawan  dan Korwas APD2 Agus Rinato serta semua Asisten dan Kepala OPD se-Kabupaten Maros. Tujuan diadakannya Bimtek Tersebut adalah para peserta diharapkan mampu menerapkan Majemen Risiko serta mengetahui komponen dan indikator yang menjadi wilayah maturitas penyelenggaraan SPIP. Kepala Perwakilan juga berkenan memberikan sambutanya, sebelum dibuka secara resmi oleh Bupati Maros.

Dalam sambutan pengantar pada Bimtek tesebut Kepala Perwakilan menyampaikan bahwa berdasarkan hasil penilaian BPKP Kabupaten Maros terhadap satu dari dua pengelolaan akuntabilitas keuangannya yaitu SPIP dan APIP. Untuk Kapabilitas APIP Kabupaten Maros telah berada pada level 3, sedangkan untuk SPIP, Maturitasnya berada pada level 2. Dalam konteks untuk mengejar level 3, agar bisa sejajar dengan pemerintah daerah lain kementerian dan lembaga yang berada di negara kita, maka kemudian pimpinan BPKP difasilitasi oleh staff project untuk penyediaan anggaranya bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Maros yang hostnya adalah Inspektur, memilih Kabupaten Maros sebagai salah satu fokus untuk melakukan kegiatan Bimtek ini.

Lanjut Kaper, tidak banyak daerah yang dipilih hanya ada beberapa saja. Kalau berbicara SPIP anamah yang telah diberikan undang-undang, kemudian salah satu turunannya yaitu PP Nomor 60 Tahun 2008 yang mewajibkan kita untuk menyelenggaraan Sistem Penyelenggaraan Intern Pemerintah. Penyelenggaraan tersebut menjadi hal penting terkait dengan opini BPK. Kapan dikatakan SPIP itu efektif, jika mampu memberikan jaminan terkait dengan keandalan laporan keuangan, pengamanan aset, dan ketaan kepada peraturan perundang-undangan. Dalam RPJM 2014-1019 menargetkan 80 persen kementerian lembaga dan pemerintah daerah, pada akhirnya APIP sudah berada pada level 3. Upaya yang telah dilakukan termasuk di Sulawesi Selatan untuk bisa mencapai level tersebut tentunya didadarkan pada kondisi pada masing-masing pemerintah daerah yang ada. Maros berada pada level 2, bukan berarti tidak berupaya sampai pada level 3 tetapi banyak hal yang memang harus disiapkan untuk bisa mencapai level 3 tersebut. Dalam upaya mencapai hal tersebut kita diterpa oleh musibah yang sampai dengan hari ini masih menjadi tantangan terbesar dalam menanggulangi Pandemi Covid-19. Menjawab tantangan tersebut penyelenggaraan Bimtek ini sampai dengan lima hari ke depan, harapan Kepala Perwakilan Implementasinya bisa dilaksanakan secara sungguh-sungguh, tutup Arman.

Sementara itu Bupati Maros, Chaidir Syam dalam sambutannya menyampaikan  atas nama Pemerintah Daerah, menyambut baik atas terselenggarakannya Bimtek ini yang diselenggrakan oleh Inspektorat Maros bekerja sama dengan BPKP SulSel dalam rangka meningkatkan pengelolaan manajemen risiko, sehingga Pemerintah Kabupaten Maros dapat menargetkan tingkat maturitas SPIP meningkat dari level 2 ke level 3 sehingga dapat disandingkan dengan Kapabipitas APIP level 3. Hal tersebut dilakukan untuk pencapaian good governance dan clean government  dan penerapan SPIP nya harus berorientasi pada hasil dan mampu memberikan manfaat lengkap dalam melakukan perbaikan yang bermuara pada kinerja yang lebih berkualitas. SPIP adalah proses integral pada tindakan dan kegiatan yang dilakukan secara terus menerus oleh pimpinan dan seluruh pegawai untuk memberi keyakinan yang memadai atas tercapainya tujuan organisasi, melalui kegiatan yang efektif dan efisien, serta keandalan laporan keuangan, penanganan aset negara, dan ketaatan terhadap peraturan perundang-undangan. Lanjut Bupati yang hadir dalam Bimtek ini adalah para asisten dan semua Kepala OPD se-Kabupaten Maros wajib hadir tidak boleh diwakili. Pemkab Maros berkomitmen dalam pelaksanaan Bimtek SPIP Terintegrasi demi mendukung visi dan misi Kabupaten Maros, yaitu Maros Sejahtera, dan ilmu yang didapatkan memberikan manfaat, ungkap Bupati Chaidir Syam.   

Kominfo BPKP SulSel_Tony S.