FGD Bimtek Juklak APBDES

MakassarKepala Perwakilan BPKP SulSel, Arman Sahri Harahap didampingi Korwas APD2, Agus Rianto menerima kujungan kerja Direktur Desa Kedeputian PPKD BPKP bersama timnya  bertempat di ruang Kerja Kaper di jalan Tamalanrea Permai /3 BTP Makassar pada hari Rabu (14/4/21).

Adapun tujuan kunjungan tersebut dalam rangka melaksanakan kegiatan Focus Group Discusion (FGD) Penyusunan Petunjuk Pelaksanaan (Juklak) Bimbingan dan Konsultasi Peningkatan Kualitas APBDES Pada Pemda di wilayah kerja BPKP Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan selama 4 (hari).

Dalam sambutannya Kepala Perwakilan menyampaikan selmat datang buat Pak Direktur  Desa dan anggotanya di kota Makassar. Pertemuan hari ini dalam kontes untuk FGD terkait dengan Pedoman Bimbingan dan Konsultasi Peningkatan Kualitas APBDES dan Penyusunan JUKLAK Audit BLT-DD.Kaper mengharapkan dengan Bimbingan Teknis tersebut bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk memberikan nilai tambah dan berproses bagi Deputi Keuangaan Daerah terkait dengan Penugasan yang dilakukan di BPKP SulSel.

Ini menjadi sangat penting karena berdasarkan hasil pengawasan yang dilakukan terhadap APBDES, ada hal-hal yang menjadi catatan seperti masalah kelengkapan lampiran APBDES, sering sekali ditemukan kurang, selain itu ada juga permasalahan lainnya yaitu adanya kesulitan desa dalam menyusun JUKLAK untuk kegiatan belanja modal dan infrastrukturnya, ungkap Kepala Perwakilan.

Selain itu Direktur Pengawasan Akuntabiltas Keuangan , Pembangunan dan Tata Kelola Pemerintah Desa, Adil Hamonangan Pangihutan menyampaikan dalam melaksanaan FGD ini untuk dua pedoman pengawasan yang pertama untuk bimbingan dan konsultasi APBDES, yang kedua untuk Audit BLT-DD. Diharapkan pedoman yang sedang disusun terasebut dengan para mitra kerja di daerah Sulawesi Selatan sehingga pedoman ini bisa aplikatif. Hal ini perlu dilakukan  karena jangan sampai pedoman yang telah dibuat oleh BPKP Pusat dalam hal ini Deputi PKD tidak bisa di pakai oleh Perwakilan BPKP di dearah,  ungkap Adil menutup sambutannya. (Tony S.)