BPKP Sulsel Kawal Akuntabilitas Pengelolaan DAK DISDIK Prov. Sulsel

Makassar, Rabu 7 April 2021. Bertempat di ruang Tamu Kepala Perwakilan BPKP Sulsel. Kepala Perwakilan BPKP Sulsel Arman Sahri Harahap menerima kunjungan dari Kepala Dinas Pendidikan (DISDIK) Provinsi Sulawesi Selatan Muhammad Jufri dan Sekretaris DISDIK .Prov Sulsel Hery Sumiarto.

Kepala Perwakilan didampingi Kepala Bagian Tata Usaha Risparanto, Korwas AN 1 Bambang Puji Hatono dan Korwas AN 2 Triyono JP. Kunjungan dalam rangka konsultasi untuk mengawal Pengelolaan Dana Alokasi Khusus (DAK) pada bidang SMA, SMK, dan PKPLK Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Tahun Anggaran 2021.

Kepala Perwakilan menyambut baik permohonan ini dan bersedia mendampingi DISDIK Prov. Sulsel dalam Pengelolaan DAK TA. 2021. Berdasarkan DPA SKPD Pendidikan Prov. Sulsel TA. 2021, Pengelolaan DAK pada bidang bidang SMA, SMK, dan PKPLK akan dikelola langsung oleh DISDIK. Karenanya, untuk memastikan akuntabilitas pengelolaanya DISDIK Prov. Sulsel mengirimkan permohonan pendampingan review kepada BPKP Sulsel. Sektor pendidikan menjadi salah satu dari 15 isu prioritas pengawasan BPKP di tahun 2021.

Pemerintah (melalui Peraturan Menteri Pendidikan nomor 5 tahun 2021) sebelumnya telah mengumumkan kebijakan terkait skema penyaluran Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik untuk tahun 2021. Kebijakan ini dirancang untuk mengakomodir kebutuhan sesuai masing-masing daerah. Penggunaan DAK Fisik untuk memastikan ketuntasan sarana prasarana pendidikan, pelaksanaan pembangunan dan rehabilitasi bersifat kontekstual agar, kepala sekolah dapat lebih fokus dalam proses pembelajaran dan tidak terbebani administrasi proses pengadaan barang dan jasa. (Kominfo BPKP Sulsel/ Dew)