Untuk Meraih Level 3 Kapabilitas APIP, Inspektorat Takalar Laksanakan Diklat

Makassar - Dalam rangka meningkatkan kompetensi Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) dilingkungan Inspektorat Kabupaten Takalar diselenggarakan pendidikan dan pelatihan Audit Kinerja di Hotel Aerotel Smile Makassar yang direncanakan berlangsung selama tiga hari, mulai 28 - 30 Maret 2021.
Hadir pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Sulsel H. Arman Sahri Harahap, Sekretaris Daerah Kabupaten Takalar H. Arsyad, Inspektur Kabupaten Takalar H. Yahe, Korwas P3A Raden Kemal Ramdan, para Struktural dan Irban dilingkungan Inspektorat kabupaten Takalar serta Instruktur dan para peserta.
 
Sekretaris Daerah dalam sambutan menyampaikan apresiasi atas inisiatif Inspektur KabupatenTakalar untuk melaksanakan kegiatan tersebut dan sekaligus ucapan terima kasih kepada Kepala Perwakilan BPKP Sulsel atas arahan dan dukungannya sehingga pendidikan dan pelatihan audit Kinerja dapat terlaksana. "Semoga kegiatan ini dapat menambah kemampuan dan kompetensi para auditor dalam upaya meraih Opini WTP serta meraih Level 3 Maturitas SPIP dan Kapabilitas APIP", ucap Sekda.
 
Sementara itu Kepala Perwakilan dalam penyampaiannya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud dari upaya untuk terus meningkatkan kapabilitas baik terhadap sumber daya manusia maupun dari sisi kelembagaan sehingga diharapkan dapat memberikan nilai tambah dalam peningkatan akuntabilitas pengelolaan keuangan di Kabupaten Takalar. Terkait dengan upaya meraih opini WTP atas laporan keuangan yang selama ini belum pernah diraih, hal tersebut dapat terlaksana dengan usaha yang sistematis dengan melibatkan seluruh pemangku kepentingan yang ada, komitmen serta konsistensi.
 
Lebih lanjut disampaikan bahwa untuk meraih level 3 kapabilitas APIP, tidak dapat dilakukan secara instan, maka salah satu upaya yang harus dilakukan adalah kemampuan APIP dalam melakukan audit kinerja. "Kemampuan audit kinerja tersebut merupakan salah satu syarat yang harus dipenuhi dalam predikat level 3, oleh karena itu perlu disiapkan tools, sarana dan sumber daya manusianya. Untuk penyiapan sumber daya manusia agar memiliki kemampuan maka dilaksanakan workshop ataupun pendidikan dan pelatihan seperti yang dilakukan pada hari ini", ungkapnya.
 
(Kominfo BPKP Sulsel)