Rapat Koordinasi Percepatan Penanganan Covid-19

Makassar (16/9) Bertempat di Ruang Rapat Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan, kembali digelar rapat koordinasi bersama Kepala BPKP Muhammad Yusuf Ateh dan para Kepala Deputi di Lingkungan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembagunan. Pertemuan membahas mengenai perkembangan dan current issue terkait Percepatan Penaganan Covid-19.

BPKP seperti yang telah diamanatkan dalam Keppres Nomor 9 Tahun 2020 sebagai anggota Gugus Tugas Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), berperan dalam mendampingi, dan membantu Pemerintah Daerah maupun Lembaga dalam pelaksanaan refocusing dan realokasi anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ) kegiatan percepatan penaganan Covid-19. Karenanya beliau mendorong agar kegiatan pengawasan dan monitoring lebih ditingkatkan di unit-unit perwakilan.

Sulawesi Selatan termasuk salah satu dari delapan daerah prioritas karenanya Percepatan Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional harus lebih ditingkatkan. Tujuh daerah lain yang juga menjadi daerah prioritas yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan, dan Papua.

Melalui unit perwakilan, BPKP melakukan berbagai kegiatan pengawasan  dan monitoring dalam percepatan  penanganan covid-19, program pemerintah pemulihan ekonomi nasional, serta pengawasan dalam penyelenggaraan pemilihan pilkada serentak 2020. Selain itu penanganan Covid-19 tidak hanya melibatkan satu pihak melainkan berbagai unsur juga terlibat didalamnya, sehingga kegiatan koordinasi rutin perlu diselenggarakan guna menyelaraskan informasi dan perkembangan kegiatan pengawasan yang dilaksanakan antara unit pusat dan unit perwakilan. Melalui pertemuan ini para pimpinan baik di unit pusat maupun perwakilan dapat menyampaikan hambatan maupun kendala yang dihadapi sehingga solusi dan pemecahan masalah dapat segera ditemukan. (dew)