Optimalkan TI dalam Penyusunan Laporan Keuangan

Bertempat di ruang rapat perwakilan BPKP Provinsi Sulawesi Selatan. Dilaksanakan Video Conference dalam rangka Rekonsiliasi Laporan Keuangan Semester I tahun 2020 yang dihadiri oleh Sekretariat Utama BPKP, Kepala Biro Keuangan, Kepala Biro Umum, Inspektur, dan Kepala Bagian Tata Usaha, Kepala Subbagian Keuangan, dan Kepala Subbagian Umum Perwakilan BPKP Perwakilan BPKP di seluruh Indonesia. Perwakilan Sulawesi Selatan sendiri diwakili Kepala Bagian Tata Usaha Risparanto, Kepala SubbagianUmum Richard Athoni, Kepala Subbagian Keuangan Hanny Syamsul, dan staf pengelola BMN Perwakilan BPKP Sulawesi Selatan.

Belum lama ini BPKP menerbitkan Peraturan BadanNo.2 tahun 2020 tentangRencana Strategis BPKP tahun 2020-2024. Berkaitan dengan sasaran strategis dan program dalam Renstra, BPKP memiliki 10 kegiatan salah satunya yang dikelola oleh Biro Keungan, Biro Umum, dan Inspektorat. Kegiatan rekonsiliasi laporan keuangan ini merupakan bagian dari progresdan komitmen dari ketiga pengelola kegiatan.

Rekonsiliasi Laporan Keuangan memiliki target yakni, membuat dan mengkoordinasikan semua laporan secara tepat waktu, unit kerja mengelola keuangan dengan baik dan tidak boleh tidak mengelola dengan baik, opini BPK, indeks pelayanan Biro Keuangan, dan pengelolaan BMN. Merujuk pada Peraturan Menteri Keuangan nomor 222 tahun 2016 tentang pedoman penyusunan dan penyampaian laporan keuangan kementerian negara/lembaga. Secara spesifik, laporan keuangan bertujuan untuk menyajikan informasi yang berguna untuk pengambilan keputusan dan akuntabilitas entitas pelaporan atas sumber daya yang dipercayakan kepada entitas.

Sekretaris Utama BPKP Ernadhi Sudarmanto dalam sambutannya menyampaikan,diharapkan dalam kegiatan rekonsiliasi inipara peserta dapat memberikan insight atau masukan dalam pengambilan keputusan. "Kita banyak melakukan kegiatan pengawasan berdasarkan teknologi, dan kedepannya akan semakin berguna"ujarnya.

Rekonsiliasi Laporan Keuangan semester I tahun 2020 memiliki tema Tranformasi Penyusunan Laporan Keuangan yang Akuntabel melalui Optimalisasi TI. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama 4 hari mulai tanggal 13 Juli 2020 sampai dengan 17 Juli 2020. (Dew)