BPKP Kalbar Raih Penghargaan Terbaik I Kinerja Anggaran Semester 1 Tahun 2020

Pontianak (18/9)— Dalam masa tidak normal dan dinamika yang bergerak cepatternyata BPKP Kalbar sanggup menyesuaikan kinerja anggarannya dengan situasi dan kebijakan peraturan yang dinamis. Tidak kurang Kepala KPPN Pontianak sendiri yang datang ke ruang kerja Kaper BPKP Kalbar mengapresiasi dan menyerahkan piagam penghargaan Terbaik I di wilayah kerja KPPN Pontianak (Pontianak, Kubu Raya, dan Mempawah) sebagai unit kerja yang konsisten mempertahankan kinerja pelaksanaan anggaran dalam masa pandemi COVID-19. 

Kepala KPPN Pontianak Tri Ananto Putro menyambangi Kaper BPKP Kalbar Dikdik Sadikin di ruang kerjanya untuk menyampaikan apresiasi dalam bentuk penghargaan Terbaik I Konsisten Mempertahankan Kinerja Pelaksanaan Anggaran dalam Masa Pandemi COVID-19. Dikatakannya bahwa dalam masa pandemi seperti saat ini, BPKP Kalbar tetap melaksanakan pengawasannya yang justru semakin meningkat. Seiring dengan itu, ternyata pelaksanaan kinerja anggarannya sendiri dapat menyesuaikan dengan dinamika yang ada. Itu sebabnya, pihaknya menilai bahwa kinerja pelaksanaan anggaran BPKP Kalbar layak diapresiasi sebagai terbaik I.

Merespon pernyataan tersebut, Kaper BPKP Kalbar Dikdik Sadikin menyampaikan terima kasih dan rasa syukurnya atas penghargaan yang diberikan kepada BPKP Kalbar.

"Yang membuat kami lebih bersyukur adalah kenyataan bahwa penghargaan ini diperoleh justru dalam kondisi yang tidak biasa.  Dimana dalam Semester 1 Tahun 2020 ini, rambu-rambu dan aturan-aturan bergerak dinamis sesuai dengan kebutuhan yang ada. Namun demikian, alhamdulillah, ternyata kami diapresiasi sebagai instansi yang dapat menyesuaikan dengan gerak langkah yang tepat sesuai peraturan tersebut, sehingga dianggap layak mendapatkan penghargaan seperti ini," ujar Dikdik Sadikin.

Kaper BPKP Kalbar berkomitmen bahwa ke depan,dengan pandemi yang masih belum dapat diperkirakan kapan akan selesai, dan dengan berbagai penugasan yang masih harus diselesaikan menjelang akhir tahun, dirinya akan tetap membawa BPKP Kalbar mempertahankan kinerja anggaran yang telah dicapai.

Seperti diketahui sebelumnya (1/9), BPKP Kalbar juga berhasil mendapatkan penghargaan Peringkat Pertama Kategori Satuan Kerja Pagu Sedang dengan Nilai Kinerja Pelaksanaan Anggaran Terbaik Semester II Tahun 2019 se-Kalimantan Barat. Secara khusus kinerja anggaran itu diapresiasi dengan kehadiran Kakanwil DJPb Kalbar yang bertandang langsung ke ruang kerja Kepala Perwakilan BPKP Kalbar (http://www.bpkp.go.id/berita/read/26040/60/BPKP-Kalbar-Terima-Penghargaan-Kinerja-Pelaksanaan-Anggaran-Terbaik-Se-Kalbar). Konsistensi peraihan kinerja anggaran ini disambut komitmen Kepala Perwakilan untuk senantiasa mempertahankan kinerja yang telah dicapai.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala KPPN Pontianak membuka pintu komunikasi, baik kepada Kaper BPKP Kalbar maupun  kepada Kepala Bagian Tata Usaha BPKP Kalbar Yudhi Adriansyah Saharudin dan Kasubag Keuangan BPKP Kalbar Aden Apriyanto yang turut serta mendampingi Kaper BPKP Kalbar, untuk dapat melakukan koordinasi dan komunikasi dengan pihak Kementerian Keuangan di Kalbar. Agar apabila terjadi hal-hal yang menjadi hambatan dapat segera diperoleh solusi dan diselesaikan segera. Demikian juga dengan koordinasi dengan para Koordinator Pengawasan sebagai pelaksana kegiatan dan menyerap anggaran agar terus dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Di akhir kunjungan, Kaper BPKP Kalbar Dikdik Sadikin berharap semoga dengan penghargaan yang didapatkan ini, kebermanfaatan BPKP sebagai lembaga pengawasan dan juga sekaligus pelaksana anggaran dapat menjadi teladan bagi instansi vertikal lainnya yang juga mendorong penyerapan anggaran dalam rangka pemulihan ekonomi nasional (PEN).

 

 

Humas BPKP Kalbar/Fajar Winarso