BPKP Jatim Pastikan Keakuratan Verifikasi Konsultan Atas Program Hibah ALS pada Pemkab di Jawa Timur

Pemerintah meluncurkan Program Hibah Pengelolaan Air Limbah Setempat (ALS). Program ini adalah upaya percepatan peningkatan Pengelolaan Air Limbah Setempat melalui pembangunan Tangki Septik dengan pendekatan berdasarkan hasil. Program ini akan bersinergi dengan Layanan Lumpur Tinja Terjadwal khususnya di Kabupaten/Kota yang memiliki Instalasi Pengolahan Lumpur Tinja.

Untuk mendapatkan dana hibah yang berasal dari Program Hibah ALS, Pemerintah Daerah disyaratkan melakukan investasi terlebih dahulu sampai penerima manfaat memperoleh pelayanan air limbah dengan menggunakan dana APBD, untuk membangun tangki septik. Selanjutnya berdasarkan hasil penilaian kinerja (verifikasi), Pemerintah Pusat akan mencairkan dana hibah kepada Pemerintah Daerah.

BPKP melakukan reviu atas Laporan Verifikasi Konsultan atas Pelaksanaan Program ALS pada Pemerintah Kabupaten/Kota yang ditetapkan sebagai penerima hibah air limbah, yang bersumber dari Penerimaan Dalam Negeri APBN. Laporan hasil reviu BPKP menjadi bahan pertimbangan dalam rangka pencairan dana hibah kepada Pemerintah Daerah yang berasal dari Program Hibah ALS APBN.

BPKP Jawa Timur memastikan keakuratan dan kehandalan informasi Laporan Verifikasi Konsultan atas Pelaksanaan Program Hibah ALS Tahun 2021 pada Pemerintah Kabupaten di Jawa Timur. Pelaksanaan reviu atas Laporan Verifikasi Konsultan Pelaksanaan Program ALS APBN Tahun 2021 pada Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Ngawi, dan Kabupaten Jombang dilakukan pada November 2021. Entry meeting antara Tim BPKP Jawa Timur dengan Oganisasi Perangkat Daerah terkait telah dilaksanakan dan dilanjutkan dengan reviu dokumen dan pengamatan fisik di lapangan atas pemasangan tangki septik pada rumah warga penerima manfaat.