BPKP Jatim Dampingi Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III Implementasikan Perka BPKP No.5/2021

Dalam rangka untuk lebih meningkatkan kualitas tata kelola, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III berkomitmen mengimplementasikan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) Terintegrasi. Untuk itu Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III mengundang Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur untuk memberikan pengarahan dan pendampingan terkait dengan peniliaian maturitas penyelenggaraan SPIP seperti yang termaktub dalam Peraturan Kepala BPKP Nomor 5 Tahun 2021.

Kegiatan pengarahan dan pendampingan SPIP pada Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III tersebut dilaksanakan selama dua hari dengan tujuan memberikan pemahaman kepada Pimpinan, Staf, dan khususnya Satgas SPIP pada Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III terhadap Penilaian Maturitas Penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah Terintegrasi sesuai Peraturan Kepala BPKP Nomor 5 Tahun 2021.

Kegiatan dimulai pada Selasa tanggal 5 Oktober 2021, dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III, dilanjutkan pengarahan oleh Ciptara Wibawa selaku Auditor Madya pada Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur dengan materi Penilaian Maturitas Penyelenggaraan SPIP Terintegrasi. Ciptara Wibawa menyampaikan bahwa dalam Penilaian Mandiri SPIP Terintegrasi tidak semata-mata menilai  implementasi 5 Unsur dan 25 Sub Unsur SPIP dalam pelaksanaan pelayanan organisasi, tetapi penilaian dilakukan terhadap tiga komponen yaitu menilai penetapan tujuan organisasi, menilai struktur dan proses SPIP, dan menilai pencapaian tujuan SPIP. Dalam penilaian yang terintegrasi ini akan dihasilkan sekaligus empat nilai, yaitu Maturitas SPIP, Manajemen Risiko Indeks, Indeks Efektifitas Pencegahan Korupsi, dan Akuntabilitas APIP.Penilaian mandiri dilakukan oleh setiap jajaran Manajemen Kementerian/Lembaga yang dikoordinasikan oleh Sekretaris Jendral, sedangkan Inspektorat Jendral melaksanakan penjaminan mutu atas penilaian mandiri,dan BPKP akan melakukan Evaluasi Maturitas SPIP pada setiap akhir periode tahun anggaran.

Selanjutnya pada Rabu tanggal 6Oktober 2021bertempat di Novotel Samator Hotel Jalan Raya Kedung Baruk 26-28 Surabaya dilakukan pendampingan penyusunan LembarKerjaEvaluasi Maturitas Penyelenggaraan SPIP sesuai Peraturan Kepala BPKP Nomor 05 Tahun 2021. Acara pengarahan dan pendampingan ini diikuti oleh Pimpinandan Satgas SPIP dari Bagian Tata Usaha dan Bidang Teknis pada Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah III.