BPKP Jawa Timur Pastikan BST Diterima KPM di Sidoarjo dan Surabaya

Dalam masa pemberlakuan PPKM Darurat, Pemerintah bertekad dan melakukan langkah memberikan Bantuan Sosial Tunai (BST) kepada masyarakat yang terdampak karena pemberlakuan PPKM Darurat. Presiden Joko Widodo juga telah meminta BPKP untuk mengawal proses distribusi dan penyerahan BST kepada masyarakat.

Dalam rangka itu, pada Senin, 19 Juli 2021, Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Timur telah menerjunkan tim guna memastikan BST benar diterima oleh Keluarga Penerima Manfaat (KPM), di wilayah Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya. Tim dari BPKP Jawa Timur dipimpin oleh Korwas Bidang Akuntan Negara 1, Trijono JP,melakukan monitoring secara langsung di lapangan terhadap penyaluran BST dari Kementerian Sosial Pemerintah Pusat untukperiode Mei dan Juni 2021 di wilayah Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya. Penyaluran Bantuan Sosial Tunai disalurkan oleh PT Pos Indonesia (Persero) langsung kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM).

Berdasarkan pemantauan Tim BPKP Perwakilan Provinsi Jawa Timur atas penyaluran BST di Kabupaten Sidoarjo dan Kota Surabaya tersebut terdapat 97 KPM di Desa Ental Sewu, Kecamatan Budurandan182 KPM di Kelurahan Magersari, KabupatenSidoarjo. Sedangkan di Kota Surabaya, terdapat512 KPM di Kelurahan Putat Gede, Kecamatan Suko Manunggal. Setiap Kepala Keluarga telah menerimaBST Rp 300.000,00setiap bulannya, sehingga total BST yang diterima sebesar Rp 600.000,00.