Forum AAIPI DIY 2021: Menguatkan Kolaborasi dan Sinergi APIP

Rabu (15/9) bertempat di Aula Parijoto Kantor KPPD DIY di Sleman, dilaksanakan Forum Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Indonesia (AAIPI) 2021. Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta Adi Gemawan, para Inspektur, serta dewan pengurus dan anggota AAIPI DIY.

Inspektur DIY Wiyos Santoso dalam sambutan pembukaannya menyatakan bahwa di masa pandemi Covid-19 ini kegiatan AAIPI seperti mati suri. Maka Forum AAIPI 2021 ini dilaksanakan untuk kembali menyegarkan pemahaman para anggotanya, termasuk penyegaran standar pengawasan dan mengingatkan kembali peran AAIPI. Wiyos berharap dengan dukungan dari BPKP dan seluruh APIP di wilayah DIY, forum ini bermanfaat untuk meningkatkan kapasitas APIP yang pada akhirnya akan meningkatkan kinerja pemerintah daerah.

Sementara itu Adi Gemawan dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu lingkup penugasan Auditor Intern adalah peran Insightyaitu saat Auditor Intern dituntut untuk menjadi katalis yang mampu untuk mempercepat proses, menjadi analis yang memiliki kemampuan analitis, serta memiliki kemampuan melakukan asesmen atau penilaian. Memenuhi tuntutan tersebut, AAIPI sebagai organisasi profesi auditor intern pemerintah dituntut lebih agiledalam meningkatkan efektivitas peran APIP melalui peningkatan kualitas dan kapabilitasnya. Peran AAIPI dalam pengembangan potensi APIP dalam meningkatkan Governance Risk Control menjadi salah satu fokus dalam menghadapi era VUCA (Volatility, Uncertainty, Complexity, Ambiguity), sekaligus menguatkan kolaborasi dan sinergi antar APIP maupun APIP dengan aparat pengawasan eksternal dan organisasi lainnya.  

Acara dilanjutkan dengan Sosialisasi Standar Audit AAIPI (SAIPI) oleh Pengendali Teknis Perwakilan BPKP DIY Sajihartana. Dalam paparannya Sajihartana menjelaskan hal baru dalam Peraturan Asosiasi Auditor Intern Pemerintah Nomor Per-01/AAIPI/DPN/2021 tentang Standar Audit Intern Pemerintah Indonesia adalahKerangka Praktik Profesional Pengawasan Intern Pemerintah (KP3IP) yang terdiri dari Misi, Acuan Dasar, dan Acuan Teknis. Standar baru tersebut juga mengatur terminologi penugasan pengawasan yang harus masuk dalam salah satu kategori yaitu audit, reviu, evaluasi, monitoring, dan consulting, serta mengatur Perencanaan Pengawasan Berbasis Risiko (PPBR).

Materi selanjutnya tentang Peningkatan Peran AAIPI DIY dalam Meningkatkan Kualitas Pengawasan APIP dibawakan oleh Koordinator Pengawasan Bidang P3A Perwakilan BPKP DIY Ratna Wijihastuti. Ratna menyampaikan bahwa mengacu pada arahan Presiden dalam Rakornaswas Intern Tahun 2020, APIP dituntut untuk fokus ke pencegahan dan perbaikan tata kelola, melakukan pengawasan berkelanjutan dan mendorong implementasi e-government. Mengacu hal tersebut, peran utama AAIPI adalah mendorong ketaatan APIP mengimplementasikan Kode Etik, Standar Audit dan pelaksanaan telaah sejawat, serta dalam memberikan masukan dalam pengembangan profesi auditor intern pemerintah.

Kominfo BPKP DIY (4ita)