Penuhi Permintaan Sultan, BPKP DIY Siap Kawal Penanganan Covid-19 di DIY

Kamis (26/8) Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X, Deputi Kepala BPKP Bidang PIP Bidang Polhukam PMK Iwan Taufik Purwanto, dan Kepala Perwakilan BPKP DIY Adi Gemawan berkesempatan menjawab pertanyaan wartawan seusai acara Pelantikan dan Pengukuhan Kepala Perwakilan BPKP DIY di Bangsal Kepatihan.

Menjawab pertanyaan wartawan mengenai bagaimana penanganan Covid-19 di DIY, Sri Sultan menjelaskan bahwa penanganan harus dilaksanakan dengan cepat dan tepat, namun tetap akuntabel dan menjauhi penyimpangan penggunaan anggaran. Karena dalam kondisi darurat dan banyaknya jenis bantuan yang diberikan langsung kepada masyarakat, maka potensi kesalahannya pun besar. Maka Sri Sultan mengharapkan bantuan BPKP untuk ikut mengawal penanganan Covid-19 di DIY bukan hanya dengan evaluasi namun juga pendampingan saat perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring.

Menanggapi permintaan Gubernur, Iwan Taufiq Purwanto menyatakan BPKP siap mengawal Pemerintah Daerah DIY dalam penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN). BPKP adalah mitra Pemerintah Daerah, sehingga apabila Pemerintah Daerah menemui kendala dalam pelaksanaan program dan kegiatan, maka BPKP siap hadir untuk memberi solusi dan mendorong tercapainya tujuan. Saat ini BPKP tidak hanya melakukan evaluasi di akhir suatu kegiatan, namun melakukan reviu mulai dari perencanaan dan penganggaran sehingga dapat memberikan masukan kepada Kepala Daerah secara lebih dini.

Sebagai Kepala Perwakilan BPKP DIY yang baru, Adi Gemawan menyampaikan siap untuk menjalin kerja sama dengan seluruh Pemerintah Daerah yang ada di wilayah kerja BPKP DIY, dan berharap agar ke depan kerja sama tersebut dapat terbangun dengan lebih baik.

(Kominfo BPKP DIY/4ita)