TOT Penyusunan Policy Brief

TOT selama dua hari sejak Kamis 25 Februari 2021 tersebut diikuti secara luring oleh wakil pegawai dari masing-masing direktorat di lingkungan Deputi Bidang Pengawasan Instansi Pemerintah Bidang Polhukam dan PMK dan wakil pegawai dari Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta di Aula Perwakilan BPKP DIY. TOT juga dihadiri secara daring oleh perwakilan pegawai dari Perwakilan BPKP Provinsi Kepulauan Riau, Jambi, Sulawesi Selatan, Papua dan Papua Barat.

Menurut Iwan Taufiq, ada yang perlu diperbaiki dalam dalam proses bisnis penyampaian laporan hasil pengawasan BPKP. BPKP ditantang untuk dapat menyajikan laporan hasil pengawasan yang cepat dan komprehensif kepada Kementerian/Lembaga/Pemda sehingga peran pengawasan dan kontribusi BPKP diketahui sampai ke pelosok indonesia. Rekomendasi strategis tersebut sebagai bentuk atensi kepada menteri, pimpinan lembaga dan kepala daerah terkait untuk perbaikan akuntabilitas, pengendalian intern, manajemen risiko, ataupun tata kelola dalam rangka mendorong agar tujuan program-program strategis tersebut dapat dicapai.

Di level regional, Perwakilan BPKP juga perlu menyusun policy brief untuk disampaikan kepada kepala daerah dalam rangka mendorong berbagai perbaikan di daerah. Policy brief dapat dimanfaatkan oleh para pengambil keputusan dalam meningkatkan tata kelola, akuntabilitas maupun pengendalian intern serta manajemen risiko di instansi kementerian/lembaga/pemda.

Ke depan masih ada PR yang harus segera diselesaikan yaitu monitor tindak lanjut atas policy brief. Dari rekomendasi strategis yang telah disampaikan kepada para pengambil keputusan, perlu dibangun aplikasi untuk menampung dan memonitor policy brief serta mendorong tindak lanjutnya sesuai dengan surat Sekretaris Kabinet yang menghendaki BPKP melakukan monitoring atas tindak lanjut policy brief.

Pelatihan penyusunan policy brief, diharapkan setelah kelas pertama dapat berlanjut dengan kelas selanjutnya yang akan diikuti oleh para pegawai muda yang ditugaskan secara khusus untuk menulis hasil pengawasan dalam konteks format usulan rekomendasi kebijakan.

Kepala Perwakilan BPKP D.I. Yogyakarta Slamet Tulus Wahyana mengucapkan terima kasih atas diselenggarakannya pelatihan di Perwakilan BPKP DIY dan berharap dapat diselenggarakan juga pelatihan  policy brief untuk para pegawai muda di Pewakilan BPKP.

Pada kesempatan kunjungan ke Perwakilan BPKP DIY, Iwan Taufik  juga memberikan arahan kepada para Kepala Perwakilan BPKP yang berada di bawah binaan Deputi PIP Bidang Polhukam dan PMK serta arahan dalam bentuuk acara sarasehan kepada seluruh pegawai BPKP DIY.

(Kominfo BPKP DIY/ros rev INH)