Tingkatkan Kompetensi, BPKP Jateng Gelar Diklat Auditor Ahli

Semarang, (28/10) - Bertempat di Hotel Aston Inn Semarang telah diselenggarakan pendidikan dan pelatihan Fungsional Auditor Ahli Pertama, bekerjasama dengan Pusat Pendidikan dan Pengawasan BPKP,  yang diikuti oleh 35 APIP Daerah se Provinsi Jawa Tengah, dibuka resmi oleh Pelaksana tugas Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Tri Wibowo Aji.

Aji menegaskan bahwa Auditor pertama wajib memiliki kompetensi agar dapat melaksanakan tugas-tugas pengawasan dengan kompleksitas tinggi. Melaksanakan tugas-tugas pengawasan dengan kompleksitas tinggi adalah melaksanakan kegiatan dalam suatu penugasan pengawasan yang memerlukan analisis dan pertimbangan profesional yang tinggi, disertai dengan supervisi yang cukup (general supervision), antara lain mengumpulkan bahan, merekapitulasi, mengklasifikasi, mengikhtisarkan, menguji data, menganalisis dan menyimpulkan dalam rangka pengawasan (audit, reviu, pemantauan, evaluasi,  asistensi, sosialisasi dan konsultasi).

Aji menambahkan bahwa kompetensi auditor pertama terdiri dari unsur-unsur kompetensi yang memiliki tingkatan kompetensi tertentuyaitu Kompetensi Inti, Kompetensi Pendukung, dan Kompetensi Manajerial.

Peran APIP adalah memberikan keyakinan yang memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi, dan efektivitas pencapaian tujuan penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah (Assurance Activities); memberikan peringatan dini dan meningkatkan efektivitas manajemen risiko dalam  penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah (Anti Corruption Activities); memelihara dan meningkatkan kualitas tata kelola penyelenggaraan tugas dan fungsi Instansi Pemerintah (Consulting Activities)

Ia berharap pada para peserta agar mengikuti diklat dengan sungguh-sungguh sehingga menjadi bekal dalam melaksanakan tugas di wilayah kerja masing-masing. "Setelah mengikuti diklat ini, peserta diimbau untuk membagikan ilmunya kepada rekan kerja dan melaporkan kepada pimpinan instansi masing-masing sehingga ilmu dapat tersampaikan dengan baik," papar Aji.

Pendidikan dan Pelatihan Fungsional Auditor yang diselenggarakan selama dua minggu dari tanggal 28 Oktober s.d 11 November 2021 tersebut, diawali dengan laporan panitia penyelenggara yang disampaikan oleh Koordinator Pengawasan Bidang P3A Sunarto dan penyematan tanda peserta diklat secara simbolis. Pelaksanaan diklat tetap mematuhi dan memperhatikan protokoler kesehatan.

(Kominfo BPKP Jateng / Din)