TINGKATKAN MOTIVASI KERJA MELALUI APEL PAGI

Semarang (27/9) - Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah rutin melaksanakan kegiatan apel setiap hari Senin pagi sebelum memulai aktivitas kerja, bertempat di ruang library cafe lantai satu.

Dalam arahannya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Raden Suhartono menyampaikan realisasi penyerapan anggaran Semester II Tahun 2021 yang tinggal beberapa bulan lagi. Tahun Anggaran 2021 tinggal beberapa bulan lagi, artinya kita dituntut untuk menyelesaikan kinerja dengan baik sesuai terget waktu yang telah ditentukan, sehingga penyerapan anggaran dapat direalisasikan, papar Raden.

Raden menambahkan masih ada beberapa penugasan pengawasan yang belum direalisasi. Raden berharap dalam kurun waktu yang masih tersisa ini mengajak pada para Koordinator Pengawasan untuk meningkatkan motivasi kerja serta mengoptimalkan Sumber Daya Manusia yang ada sehingga penugasan Tahun 2021 yang belum terlaksana dapat segera direalisasikan.

Dalam waktu dekat akan dilaksanakan Rapat Koordinasi BPKP, untuk itu masing-masing perwakilan segera mempersiapkan data dukung dalam kegiatan Rakor tesebut. Ada dua hal penting dalam tema rakor tersebut yaitu terkait dengan agenda prioritas pembangunan daerah Tahun 2022 dan era transformasi, terang Raden.

Perwakilan Jateng telah menyiapkan 2 hal penting yang akan dibawa dalam rakor tersebut yaitu pertama  terkait dengan pengawasan pembangunan Kawasan Industri Terpadu Batang/KITB Batang, yang merupakan tindaklanjut dari APBD Tahun 2021 yang belum terealissi, sehingga Tahun 2022 KITB Batang harus semakin efektif. Kedua terkait dengan pengawasan atas percepatan pembangunan kawasan di wilayah Provinsi Jawa Tengah sebagai tindaklanjut dari Perpres Nomor 79 tahun 2019, terang Raden.

Raden menegaskan, terkait perkembangan virus covid-19 masih tinggi secara nasional. Virus covid-19 belum berakhir dan masih berada di sekeliling kita, serta tidak tau sampai kapan virus ini akan berakhir. Raden mengharapkan kepada seluruh pegawai untuk terus menjaga protokoler kesehatan dengan tetap memakai masker, dan mencuci tangan dengan sabun, serta tetap menjaga jarak aman. Kita terus berupaya untuk melakukan pencegahan dengan tetap melakukan penyemprotan disinfektan di lingkungan kerja secara rutin seminggu dua kali.

Apel pagi dilaksanakan secara offline maupun secara online. Bagi para pegawai yang sedang Work From Office mengikuti kegiatan apel pagi secara zoom dari ruang kerja masing-masing, dan bagi pegawai yang sedang Work From Home  juga mengikuti apel pagi dari kediaman masing-masing dengan tetap memakai baju putih dan untuk pegawai laki-laki memakai peci hitam.

Diawali dengan mendengarkan lagu Kebangsaan Indonesia Raya oleh seluruh peserta Apel, dilanjutkan mengheningkan cipta dipimpin oleh pembina apel pagi yaitu Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Jawa Tengah Raden Suhartono. Pembacaan Teks Pancasila oleh pembina apel, dan pembacaan Teks Pembukaan UUD 1945 dan pembacaan Panca Prasetya Korpri oleh petugas.

(Kominfo BPKP Jateng/Din)