Inspektorat Provinsi Bengkulu Raih Kapabilitas APIP Level 3

Bengkulu (5/10) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Iskandar Novianto menyerahkan Sertifikat Kapabilitas APIP Level 3 Inspektorat Provinsi Bengkulu kepada Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, di Balai Raya Semarak Bengkulu.

Gubernur Rohidin mengatakan bahwa pencapaian ini memposisikan pemerintah daerah agar semakin siap melakukan pengawasan secara internal, dan dapat melakukan kontrol secara baik. Lebih lanjut, menurut Rohidin, kinerja APIP ke depan termasuk mengarah pada manajemen resiko, sehingga APIP dapat melakukan mitigasi pengawasan dengan baik dan tentu harapannya capaian output dan outcome dari semua kebijakan program dan kegiatan nantinya lebih terukur.

“Capaian kinerja pemerintah nantinya dapat lebih terukur, berkat pengawasan yang baik dari APIP, kemudian kebijakan program akan terlaksana dengan baik dan dirasakan masyarakat,” terang Rohidin.

Kepala Perwakilan menyampaikan BPKP melakukan pembinaan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) agar masuk kategori level 3. Di mana selain kemampuan melakukan 3E (Efektivitas, Ekonomi, Efisiensi), APIP harus juga mampu melakukan konsultasi dengan GRC (Government, Raisemanagemen, dan Kontrol).

Kedepannya APIP dapat membina dan membentuk tata kelola yang baik, mulai dari perumusan kebijakan, penganggaran, pelaksanaan, dsb. agar betul-betul berorientasi pada mitigasi resiko, kemudian melakukan pengendalian agar meminimalisir kegagalan.