BPKP Bengkulu Supervisi dan Monitoring Pengelolaan Dana Desa Di Kepahiang

Kepahiang (14/9) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Iskandar Novianto  mengunjungi Desa Batu Ampar Kabupaten Kepahiang. Hal ini merupakan bagian dari kegiatan Supervisi dan Monitoring Pengelolaan Dana Desa Tahun 2021 pada Desa Batu Ampar, Kecamatan Merigi Kabupaten Kepahiang.

Dalam kunjungan tersebut, Kepala Perwakilan disambut hangat oleh Kades Batu Ampar dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Kepahiang. Kepala Perwakilan mengapresiasi transparansi penggunaan Dana Desa melalui papan pengumuman yang terletak di depan Kantor Desa. Beliau mengatakan melalui transparansi kita akan membangun apresiasi melalui kepercayaan, dengan transparan berarti kita sudah siap, begitu kita merasa diawasi maka kita akan berhati-hati.

Kepala Perwakilan juga menyampaikan pentingnya penyelenggaraan BUMDes, "BUMDes sangat penting untuk Desa karena selain menambah PADes, juga dapat menampung tenaga kerja serta menarik bantuan dari Kementerian" jelasnya. Desa Batu Ampar merupakan desa ekowisata yang memiliki berbagai macam wisata, diantaranya wisata kuliner dan wisata alam yaitu Air Terjun Donok. Desa Batu Ampar memproduksi makanan-makanan khas seperti peyek daun kopi, bolu kopi, bolu gula aren, stick rebung, stick unji dan masih banyak lagi.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan juga berkunjung ke rumah produksi cemilan khas Desa Batu Ampar serta mencicipi berbagai macam cemilan khas tersebut seperti peyek daun kopi dan stick unji. Beliau sangat mendukung digitalisasi Desa Batu Ampar seperti penggunaan Website, Youtube dan Facebook serta menyarankan membuat Podcast berkolaborasi dengan Library Cafe BPKP Perwakilan Provinsi Bengkulu. Terakhir Beliau menyarankan kepada Dinas PMD untuk berkoordinasi dengan Dinas Kominfo agar tidak ada desa yang memiliki blank spot, sehingga digitalisasi desa dapat terlaksana tanpa hambatan.