BPKP Bengkulu Dekatkan SPIP dan Manajemen Resiko Pada Koramil dan Kodim 2 Bengkulu

Bengkulu (26/8) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Bengkulu Iskandar Novianto memberikan pemaparan SPIP dan Manajemen Resiko di lingkungan Komando Rayon Militer 041 Garuda Emas dan Komando Distrik Militer 2 di Wilayah Provinsi Bengkulu.

Kepala Perwakilan dalam paparannya menjelaskan bahwa SPIP dalam PP 60/2008 bukan hanya terkait pengendalian intern namun mencakup proses tata kelola, manajemen risiko, dan pengendalian (Governance, Risk, And Control).

Proses tata kelola sektor publik, manajemen risiko, dan pengendalian intern masing-masing tidak didefinisikan secara terpisah dan berdiri sendiri sebagai suatu proses dan struktur, melainkan memiliki hubungan antara proses tata kelola sektor publik, manajemen risiko, dan pengendalian intern. Oleh karena itu, Auditor harus mengevaluasi proses tata kelola sektor publik, manajemen risiko, dan pengendalian intern auditi secara keseluruhan sebagai satu kesatuan yang tidak dipisahkan.

Dijelaskan pula terdapat 5 level maturitas SPIP, level 5 (optimum) sebagai capaian tertinggi yaitu dimana organisasi telah mampu mendefinisikan kinerjanya dengan baik dan strategi pencapaian kinerjanya telah relevan dan terintegrasi, dengan struktur dan proses pengendalian telah efektif untuk memastikan pencapaian tujuan organisasi, serta adaptif terhadap perubahan lingkungan organisasi.