Kepala Perwakilan Membuka Diklat Fungsional Auditor Pertama di Lingkungan APIP Wilayah Sumsel

PALEMBANG (8/9) Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan secara resmi membuka Diklat Auditor Pertama di Lingkungan APIP wilayah Provinsi Sumatera Selatan tahun 2021 yang diselenggarakan di Hotel The Zuri Palembang pada Rabu, 8 September 2021. Peserta diklat sebanyak 29 peserta dari seluruh Inspektorat di Sumatera Selatan. Pembukaan ini juga dihadiri Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah dan Kepala Bagian Tata Usaha selaku Ketua Panitia. 

Pada pembukaannya Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, Buyung Wiromo Samudro mengisyaratkan untuk memperkuat sumber daya manusia APIP sehingga mampu melaksanakan tugas pokok dan fungsinya secara efektif melalui diklat ini. "Diklat ini diharapkan dapat meningkatkan jumlah personil dan kompetensi APIP sehingga mampu menjaga dan meningkatkan kapabilitas inspektorat di wilayah Sumatera Selatan dan mampu memberikan saran perbaikan tugas dan fungsi instansi pemerintah untuk mencapai tujuan yang diharapkan oleh pemerintah daerah" ujarnya.

Kepala Bagian Tata Usaha, Hari Santosa selaku Ketua Panitia dalam laporannya menyampaikan tujuan diadakannya diklat agar APIP dapat melaksanakan tugas pengawasan di lingkungan Inspektorat berjalan dengan baik dan mempunyai kemampuan dalam melaksanakan insurance, consulting terhadap pengadaan barang dan jasa yang efisien, efektif, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Diklat ini telah menerapkan protokol kesehatan dengan melakukan tes swab antigen kepada setiap peserta Diklat, menjaga jarak duduk tiap peserta dan menerapkan displin masker selama kegiatan tatap muka.

(Kominfo BPKP Sumsel)