Percha : Peran BPKP Sangat Penting dalam recovery Pandemi

Hj. Percha Leanpuri, B.Bus., MBA anggota DPR RI Komisi XI memulai lawatan reses masa sidang II 2020-2021 dengan mengunjungi kantor Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan pada hari Senin 20 April 2021 bertempat di Ruang Rapat Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan.

 

Dalam sambutannya Percha menyampaikan bahwa tujuan nya ke Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan adalah untuk menggali, berdiskusi dan mendapatkan informasi sehubungan dengan bidang tugas BPKP dalam mengawasi dan memberikan konsultasi dan bimbingan kepada lembaga atau instansi pemerintah yang diberikan tugas dan wewenang dalam mengelola keuangan negara yang dikhususkan untuk penanganan dampak pandemi covid-19.

"Pemerintah pusat telah banyak menggelontorkan dana dalam penanganan pandemi ini, sejauh mana pengawasan yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP provinsi Sumatera Selatan untuk memastikan bahwa semua uang yang dialokasikan bermanfaat untuk masyarakat" imbuh Percha.

Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Sumatera Selatan, Tri Handoyo dalam paparannya yang bertajuk Optimalisasi Kinerja Pengawasan Pembangunan oleh BPKP di masa Pandemi Covid-19, menyatakan bahwa di masa Pandemi ini BPKP diberi mandat besar oleh presiden untuk mengawal program pemulihan ekonomi nasional.

"Mandat tersebut kami kemas dalam 4 fokus pengawasan yaitu, pengawasan prioritas pembangunan nasional, peningkatan ruang fiskal, pengamanan aset dan peningkatan government system" kata Tri Handoyo.

Selain itu, Tri Handoyo menegaskan bahwa khusus untuk pengawasan penanganan covid-19 BPKP fokus pada 3 bidang, pertama kesehatan, pengawasan dilakukan dengan audit insentif tenaga kesehatan, vaksinasi dan pengadaan alat kesehatan. kedua bidang sosial, dengan melakukan pengawasan audit bansos dan kegiatan cleansing data bantuan sosial. Dan terakhir bidang ekonomi dengan melakukan audit pemulihan ekonomi nasional. Selain itu Perwakilan BPKP Sumsel membuka ruang konsultasi bagi Pemda untuk bertanya dalam peningkatan akuntabilitas keuangan di masa pandemi.

Percha mengapresiasi langkah-langkah pengawasan yang dilakukan oleh Perwakilan BPKP provinsi Sumatera Selatan. "Saya berkeyakinan betul bahwa suksesnya program recovery di segala sektor dalam penanganan pandemi covid-19 ini akan berhasil, apabila salah satunya dengan mengoptimalkan peran BPKP" pungkas Percha.

 

(Kominfo BPKP Sumsel)