BPKP Riau dan Pemkab Rohul Perkuat Sinergitas Pengawasan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah

Pasir Pengaraian (10/9/2021) – Demi mewujudkan pembangunan daerah sesuai dengan perencanaan dan manajemen tata kelola pemerintahan daerah yang baik dan akuntabel, Pemkab Rokan Hulu (Rohul) jalin kerjasama dengan Perwakilan BPKP Provinsi Riau dibidang pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah. 

 Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Riau Fauqi Achmad Kharir, mengatakan kerjasama ini bertujuan untuk memperkuat sinergitas BPKP dengan Pemkab Rohul. 

 Fauqi juga mengatakan selain menjalin kerjasama juga sebagai silaturahmi.  

 "Ini kunjungan kerja dan silaturahmi saya pertama ke Rohul. Ada beberapa hal yang akan menjadi fokus kerjasama ini terkait pengawasan penyelengaraan pemerintahan, pengelolaan keuangan daerah dan pembinaan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). 

Ia berharap Inspektorat Daerah Rohul yang sudah meraih level 3 secara nasional bisa menjadi partner dalam pelaksanaan pengawasan pembangunan daerah sebagai perpanjangan tangan BPKP di Daerah.

"Inspektorat sebagai lembaga pengawasan, para APIP bisa menjadi partner kami dalam pengawasan pengelolaan keuangan desa. Seluruh desa dengan APBDes salah satunya dana desa relatif cukup besar," ujarnya.

"Sehingga perlu dibantu dalam pengelolaan dan pengawasannya oleh Inspektorat Rohul secara maksimal penggunaan anggaran daerah di pedesaan, dengan harapan Rohul semakin maju dan makmur," tambahnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Rohul H. Indra Gunawan mengatakan Pemkab Rohul menyambut baik kerja sama antara Pemkab Rohul dengan Perwakilan BPKP Provinsi Riau, dengan harapan mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik, terutama dibidang pengawasan keuangan daerah, SPIP dan kinerja daerah.

"Atas nama Pemkab Rohul kami sangat menyambut baik atas kerjasama yang dilaksanakan antara Perwakilan BPKP Provinsi Riau dengan Pemkab Rohul dalam pelaksanaan pengawasan keuangan dan pembangunan di Kabupaten Rohul," kata Wabup H. Indra Gunawan

Terkait pentingnya pengawasan pembangunan dilingkungan Pemkab Rohul, perlu bimbingan dan arahan dari BPKP mulai dari awal perencanaan, pelaksanaan hingga pertanggungjawaban, karena hal ini akan mempengaruhi kinerja dan capaian pembangunan yang dihasilkan.

Melalui kerjasama ini, Wabup berharap dapat memperkuat sinergitas kerjasama antar Pemkab Rohul dengan Perwakilan BPKP Provinsi Riau demi terwujudnya pemerintah daerah yang akuntabel serta Aparat Pengawasan Intern Pemerintah yang kapabel. 

Turut hadir seluruh Kepala Organisasi Perangkat Daerah se-Kabupaten Rokan Hulu. 

(Kominfo BPKP Riau)